Juara 1 pada Lomba ECCO 2021

  • By Humas FEB
  • In Hima Ekis
  • Posted 06 April 2021

Ide Aplikasi Koperasi Syariah untuk memudahkan pembiayaan UMKM pasca Covid-19. Mahasiswa Ekonomi Islam Unair meraih Juara 1 pada Lomba ECCO 2021

Lomba ECCO adalah lomba Essay yang diselenggarakan oleh Hima Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara Jombang. Lomba ini merupakan lomba tingkat regional sehingga peserta yang mendaftar sebatas dari Jawa Timur saja.Info lomba ini mereka (Hafid dan Arin) dapatkan melalui instagram.

Mereka mengangkat tema mengenai “Koperasi Syariah Digital (D’KOS): Aplikasi Pengembangan Koperasi Syariah Dalam Memberdayakan UMKM Pasca Covid-19”. Mereka memilih topik ini karena menurut mereka antusias masyarakat akan koperasi syariah cukup tinggi, sehingga mereka berfikir untuk menciptakan sebuah aplikasi Koperasi Syariah.  “Kami berfikir menciptakan sebuah aplikasi Koperasi Syariah yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatannya terutama membantu pembiayaan UMKM terlebih Pasca Covid-19” tutur Hafid.

Selama proses penulisan esai mereka mengakui tidak ada kendala yang berarti, namun terdapat kendala saat membuat video presentasi. Mereka menjelaskan bahwa pengumuman 10 besar tidak sesuai jadwal dimana pengumumannya keluar di hari yang sama. Pada hari itu juga mereka harus membuat video presentasi padahal mereka sedang ada jadwal kelas dan kuis.  “Saat itu Aku sama Arin ada dua kelas juga ada kuis jadi cukup ribet deh, akhirnya kita nyambi kelas, kuis sambil sedikit-sedikit membuat video hingga jam 11 malam”  kata Hafid. Mereka menyatakan jika batas pengumpulan video adalah pukul 11.30 malam. Video baru selesai mereka edit pukul 11.00 dan proses save atau rendernya membutuhkan waktu yang lama pula. Mereka akhirnya mencoba untuk meminta waktu sedikit untuk mengirimkan videonya.  “Akhirnya karena kita nge-spam mereka, Alhamdulillah video kita masih diterima tapi dapat pengurangan nilai.”  Ujar Hafid. Mereka hanya pasrah dan berdoa saja semoga kedepannya lebih baik.

Keesokan harinya adalah hari yang paling riweh menurut mereka karena ada dua jadwal yang bersamaan. Yaitu jadwal tanya jawab Lomba ECCO dan jadwal Uji Kompetensi.

“Dan besoknya itu hari Sabtu dimana kita bentrok sama uji kompetensi pertama, kita kan ekmonis jam 8 ya waktu itu dan tanya jawab itu mulainya jam set 8, dan disitu lah titik paling ribet sih menurut aku karena kita berdua fix ga fokus karena harus bagi konsen kita ke kuis dan juga tanya jawab”

“ Alhamdulillah nya kita dapet giliran cukup akhir yaitu sekitar jam set 11 an dan itu juga klo ga salah lagi kuis akmenbis wkwk, tapi ttp aja disaat menunggu itu kita ttp kepikiran gitu loh  jadi ada aja rasa gelisah gitu”

Ketika giliran mereka untuk tanya jawab mereka menyatakan dapat Alhamdulillah menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lancar. Namun ada satu hal yang membuat mereka kaget.

“Akhirnya saat kita waktunya tanya jawab pertanyaan dari juri dapat kami jawab dengan lancar bahkan yang buat aku kaget ide kami katanya mau di bawa atau di implementasikan langsung di salah satu pesantren di malang milik salah satu juri, itu sih yang buat aku cukup kaget wkwk sekaligus sangat bersyukur” kata Hafid

Setelah menyelsaikan tanya jawab, mereka tinggal menunggu pengumuman. Alhamdulillah mereka meraih Juara 1 Lomba ECCO 2021 tersebut.

Hits 20