KBMI 2020

NARASI PELAKSANAAN KBMI 2020 

Roda perekonomian Indonesia membutuhkan banyak profesi wirausaha untuk dapat berjalan dengan baik. Dalam menumbuhkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa Indonesia, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan berbagai Program Kampus Merdeka. Melalui semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program Kewirausahaan terdiri atas Workshop Kewirausahaan, Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia (ASMI), serta pendampingan Melekat oleh Praktisi/Pengusaha dan dosen melalui Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI). 

Mahasiswa dalam melaksanakan KBMI dan ASMI tahun 2020 terus didampingi praktisi dan dosen dengan harapan memiliki usaha semakin kuat dan bertumbuh yang kemudian dilanjutkan untuk mengikuti ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo sebagai puncaknya. KMI Expo adalah tempat bertemunya mahasiswa Indonesia yang telah dibekali pengetahuan untuk menampilkan kreativitas mahasiswa dan membangun jaringan bisnis. 

Kegiatan KBMI 2020 ini berlangsung dari bulan Juni dimulai dengan pengusulan proposal dan ditutup dengan KMI Expo XI 2020 pada 5 Desember. Selama masa pengumpulan proposal kami juga mendapatkan bimbingan dari Dosen pembimbing yaitu Ibu Tri Siwi dan juga 1 mentor sehingga kami dapat menyelesaikan proposal dengan baik. Setelah proses seleksi, pada tanggal 29 Juli 2020 diumumkan tim-tim yang lolos pendanaan KBMI 2020 dan kami menjadi salah satu tim yang lolos pendanaan dengan mendapatkan dana sebesar Rp16.000.000 (enam belas juta rupiah). 

Bisnis yang kami gunakan dalam KBMI 2020 yaitu Choipan Surabaya. Choipan Surabaya adalah usaha kuliner yang digadang oleh mahasiswa Universitas Airlangga sejak 2017. Choipan Surabaya lahir dari kelangkaan choipan sebagai warisan budaya Indonesia dan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai choipan. Choipan Surabaya bertujuan untuk

memperkenalkan choipan sebagai makanan khas asli Kalimantan Barat sebagai produk makanan yang bercita rasa otentik dan berdaya saing tinggi di Surabaya.  

Kegiatan KBMI 2020 ini juga mengadakan pendampingan dan monitoring bagi tim yang lolos pendaan yang dilakukan pada tanggal 29 Juli 2020 - 23 Oktober 2020 via online. Pada tanggal 22 Oktober 2020 kami tim Choipan melakukan penilaian KBMI yang dilakukan Via Zoom Meeting pada pukul 09.00. Lalu untuk penilaian tahap 2 dilakukan pada tanggal 24 November 2020. Sebelum melakukan presentasi didepan para juri, kami Tim Choipan juga melakukan berbagai persiapan seperti menyusun Power Point, membuat laporan kemajuan usaha, dan juga tetap melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing. 

Puncak dari kegiatan KBMI 2020 yaitu KMI Expo XI 2020 yang berisi kuliah umum dan talkshow kewirausahaan, Kompetisi Workshop Kewirausahaan, StartUp Summit, dan berbagai kegiatan lain. Sebelum mengikuti kegiatan tersebut Tim Choipan Surabaya harus mengikuti Technical meeting yang dilakukan selama 2 kali yaitu pada tanggal 26 November 2020 dan tanggal 3 Desember 2020. Dalam puncak acara tersebut tim kami akan mengadakan pameran produk choipan secara online melalui aplikasi Hopin dan juga akan mengikuti kompetisi workshop. 

Banyak persiapan yang tim kami harus lakukan menjelang acara puncak KBMI. Untuk mempersiapkan pameran secara online tim kami melakukan uji coba pada aplikasi Hopin pada H-1 acara, kami juga mempersiapkan produk apa saja yang akan kami tampilkan pada pameran dan memastikan produk-produk tersebut sudah dalam keadaan yang baik. Untuk kompetisi workshop kami harus membuat video singkat selama 45 detik mengenai topic apa yang akan kami bawa dalam workshop. Kami juga harus melewati seleksi hingga tersaring 20 tim dan kami menjadi salah satu tim yang lolos. Setelah tim kami lolos menjadi 20 besar, tim kami mulai mempersiapkan materi secara detail dan mengemasnya secara menarik dalam sebuah Power Point. Sebelum melakukan workshop didepan para juri, kami melakukan latihan terlebih dahulu bersama dosen pembimbing dan tim lain dari Universitas Airlangga yang lolos untuk mendapatkan kritik dan masukan. 

KMI Expo XI 2020 dimulai pada tanggal 4 Desember 2020 pada pukul 08.00 yang dimulai dengan pembukaan dan peresmian KMI Expo XI 2020. Dan dilanjut dengan penjurian

dari berbagai kompetisi. Penjurian kompetisi workshop sendiri dilakukan pada pukul 15.30 hingga pukul 17.00 dan kami diwajibkan membawa audience yang akan menjadi salah satu point untuk penilaian. Untuk pameran online dilakukan pada tanggal 4 Desember 2020 dan 5 Desember 2020, dimana tim kami secara bergantian menjaga booth pameran online tersebut. 

Pengumuman juara untuk berbagai lomba dalam KMI Expo XI 2020 dilakukan langsung melalui Aplikasi Hopin pada tanggal 5 Desember 2020. Dalam kompetisi workshop tim kami Choipan Surabaya mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 dan membawa pulang medali perak. Universitas Airlangga dalam KMI Expo XI 2020 ini juga menyandang gelar sebagai juara umum karena banyaknya penghargaan yang diraih oleh tim yang dikeluarkan oleh Universitas Airlangga.

MONEV

KMI AWARD

WORKSHOP COMPETITION

Hits 209