Future Leader Summit 2019

FLS atau biasa dikenal dengan nama Future Leader Summit merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Nusantara Muda di Semarang. Peserta seleksinya dari tahun ke tahun semakin bertambah, hingga tingkat keketatan seleksi pun semakin meningkat. FLS telah menghasilkan banyak sekali alumni yang proaktif membantu menjawab masalah yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan tujuannya, FLS ingin membantu mewadahi pemuda Indonesia dalam berfikir kritis, memberikan solusi efektif, meningkatkan kesadaran, serta meningkatkan jaring kolaborasi antar delegates untuk menciptakan perubahan bersama dan aksi nyata. FLS selalu hadir dengan tema yang relevan dengan masalah yang dekat dengan masyarakat serta isu terkini. Pada tahun 2019 ini, FLS mengangkat tema Future Leader’s Idea Manifestation of ASEAN 2025 in the Age of Disruption, dengan taglineThink The Unthinkable”.

            Sebelumnya, FLS dibagi dalam 6 bidang, yakni; education, environment, international relation, technopreneur, urban planning, dan digital. Sebelum dinyatakan menjadi delegates, calon delegates harus mengisi beberapa pernyataan seputar isu terkait bidang yang dipilih. Dua minggu kemudian, pengumuman datang di e-mail masing-masing calon delegates yang menyatakan terpilih. Anastasya dari Ekonomi Islam angkatan 2016 di bidang environment, Rifki Fardian dan Rani Sipayung dari Manajemen angkatan 2016, di bidang technopreneur bersama Laila Nur dari Ekonomi Pembangunan angkatan 2017.

            Acara FLS sendiri, berlangsung selama dua hari. Dengan rangkaian acara pertama yakni Welcoming Session sebagai sambutan serta motivasi untuk membakar semangat para delegates. Selanjutnya dilanjutkan dengan Think-Tanks dan Caseroom, yakni penyampaian materi oleh narasumber sesuai bidang masing-masing dan pemaparan studi kasus untuk menghasilkan solusi. Hari pertama diakhiri dengan A Night to Remember atau makan malam bersama sekaligus pencarian relasi bagi para delegates. Hari Kedua, Grand Summit yakni penyampaian hasil diskusi dari studi kasus yang dianalisis dengan metode pentahelix atau lima stakeholder (pengusaha, pemerintah, akademisi, media, dan komunitas)  oleh perwakilan dari masing-masing bidang.

            Acara tersebut dilaksanakan di New Metro Hotel , Semarang pada tanggal 20-21 September 2019. Dari FLS sendiri, kami delegasi dari FEB Universitas Airlangga mendapatkan banyak nilai yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan menjadi mahasiswa, seperti ; berpikir kritis, mengambil keputusan, kolaborasi, membangun relasi, teamwork, dan respect.

1569082465404

Hits 667