Accounting Championship (ACCHAMP)

 

 

Accounting Championship atau yang biasa disebut ACCHAMP merupakan sebuah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ACCHAMP 2019 dapat diikuti oleh mahasiswa PTN/PTS di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan serangkaian acara dari Jember Accounting Fair 2019 (JAFa 2019). Dilatar belakangi oleh lulusan akuntansi yang pada dasarnya disiapkan untuk menjadi seorang yang berprofesi di bidang akuntansi yang tentunya dituntut untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan dunia kerja. ACCHAMP 2019 mengangkat tema “Optimize the Role of Youth Accountant Generation to Conquer Artificial Intelligence Era”.

    Setelah melalui seleksi online yang telah dilaksanakan pada Jumat, 16 Agustus 2019 lalu, dua perwakilan tim Universitas Airlangga berhasil lolos ke babak 14 besar yang terpilih untuk melanjutkan main round ke Universitas Jember, di Jember. Pada hari pertama 12 September 2019, 14 tim yang telah lolos ke babak main round berdatangan untuk melakukan registrasi dan mengikuti Technical Meeting yang dibuka dengan sambutan Ketua Prodi Akuntansi Universitas Jember.

    Babak kualifikasi pertama dimulai pukul 09.35 pada hari itu. Pada babak kualifikasi ini terdiri atas 2 tahap, yaitu choose the one, dan studi kasus laporan konsolidasi, untuk menentukan 8 tim terbaik yang akan lolos ke babak semifinal. Tim Universitas Airlangga berhasil meraih posisi peringkat 6 dan 7 dalam penentuan 8 tim terbaik yang melaju ke babak semifinal. 6 tim lainnya adalah 3 tim dari Perbanas Surabaya, 1 tim dari Universitas Multimedia Nusantara, 1 tim dari Universitas Khatolik Widya Mandala, dan yang terakhir adalah tim dari Universitas Lambung Mangkurat.

Babak semifinal diadakan pada hari kedua kompetisi tersebut. Pada babak ini terdiri atas 3 tahap, yaitu moving slide, mix and match, dan score gambling, yang dimana pada tahap terakhir ini 8 tim akan dibagi ke dalam 2 pool untuk bertanding merebut kursi babak final. Berdasarkan undian, tim Universitas Airlangga pertama dengan nama tim “Unair 1” harus bertanding melawan tim dari Perbanas, WM, dan Lambung Mangkurat pada pool 1, dan tim Universitas Airlangga kedua dengan nama tim “Metanoia” harus bertanding melawan tim dari Perbanas (2 tim), dan UMN pada pool 2. Nilai dari babak semifinal tersebut diakumulasi dari 3 tahap yang sudah dilalui. Dan Puji Syukur kedua tim perwakilan dari Universitas Airlangga dapat berhasil lolos ke tahap Final yaitu 5 besar yang dimana berada di peringkat ke 2 dan 3. Dan 3 tim lainnya yaitu di peringkat pertama oleh tim UMN, peringkat keempat oleh tim Perbanas dan peringkat terakhir oleh tim WM.

Setelah istirahat sholat jumat sekitar pukul 13.00 babak final segera dimulai. Dalam babak ini hanya ada 1 tahap yaitu relay essay. Dimana setiap tim diberi sebuah topik tentang Artificial Intelligence: Cloud Accounting dalam tahap ini tim yang lolos harus membahas sebuah case yang sudah disediakan panitia, dan untuk pengerjaannya setiap anggota tim bergantian membahas case tersebut dalam bentuk powerpoint dengan waktu per anggota tim 10 menit, maka total pengerjaan 30 menit, dimana yang nantinya ppt tersebut akan dipresentasikan oleh tiap tim. Setelah pengerjaan selesai, maka tiba saatnya mengambil undian untuk antrian presentasi. Tim Matanoia dari Unair mendapatkan urutan kedua, dan tim Unair 1 dari Unair mendapat urutan ketiga.

Pengumuman juara diumumkan pada keesokan harinya dimana setelah usainya acara Seminar Nasional yang juga merupakan serangkaian acara JAFa 2019. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kedua tim perwakilan Universitas Airlangga berhasil meraih juara. Juara 1 diraih oleh tim Unair 1 yang beranggotakan Patrick Aloysius Wijaya (AKS1 2016), Tanaya Devi Kemala (AKS1 2016), Fince Layadi (AKS1 2016). Juara 2 diraih oleh tim UMN Jakarta, dan juara 3 diraih oleh tim Metanoia perwakilan Universitas Airlangga yang beranggotakan Hari Suciati (AKS1 2016), Thalia Novita Sari (AKS1 2016), Nofika Diana Wati (AKS1 2016).

Kompetisi tersebut merupakan sebuah pengalaman yang berharga dan banyak sekali pelajaran yang didapatkan oleh para mahasiswa tim Universitas Airlangga. Semoga prestasi yang telah diraih dapat menjadi penyemangat untuk mahasiswa Universitas Airlangga agar dapat terus memberikan yang terbaik dan berjuang lebih baik pada kesempatan selanjutnya. Tetap semangat 😊 Tuhan berkati 😊

Hits 387