SMART II 2019

  • By Humas FEB
  • In Acses
  • Posted 11 Desember 2019

SMART II

SMART II (Sharia Motivation and Achievement II) Adalah program kaderisasi dari divisi HRD. SMART II dilaksanakan sebagai lanjutan dari SMART I. Tujuan dilaksanakannya SMART II adalah untuk melatih jiwa kepemimpinan setiap individu, melatih kecakapan dalam problem solving di organisasi, dan juga belajar untuk mendakwahkan ekonomi Islam

Acara dimulai pada pagi hari di hari sabtu. Acara dimulai dari Forum Group Discussion dengan materi Prophetic Leadership. Prophetic Leadership adalah kepemimpinan yang didasari kepada kepemimpinan  Rasulullah SAW. FGD ini dipimpin oleh Muhammad Ariq Syahputra selaku Manajer Divisi dari HRD. FGD berjalan cukup seru dan banyak juga para AcSESOR 2018 yang berpendapat tentang Prophetic Leadership.

 

Setelah itu dilanjutkan oleh Forum Group Discussion dengan materi urgensi ekonomi Islam. FGD dipimpin oleh Sholikudin Alawy selaku manajer divisi dari Research and Paper. Hal-hal yang dibahas dalam diskusi ini adalah urgensi ekonomi islam, pentingnya filantropi Islam (Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan wakaf) dan mengapa kita harus memilih ekonomi Islam sebagai landasan ekonomi.

Untuk materi FGD yang terakhir adalah materi tentang Komunikasi. FGD dipimpin oleh Shamsul Arif sebagai manajer divisi PRncom. Hal-hal yang dibahas dalam diskusi ini adalah tentang bagaimana pentingnya menjaga komunikasi di organisasi.

Di Siang hari, setelah shalat dzuhur dilaksanakan praktek tentang jiwa kepemimpinan dan dakwah ekonomi Islam. Praktek ini diimplementasikan dengan dibentuknya pos-pos yang nantinya akan diberi sebuah kasus yang harus diselesaikan. Dibentuk beberapa kelompok. Dari pos kepemimpinan, peserta diharuskan memecahkan masalah yang ada dalam kepanitiaan dengan kondisi-kondisi tertentu. Lalu di post selanjutnya, di post dakwah ekonomi Islam. Peserta diharuskan mendakwahkan ekonomi islam kepada orang tuanya sendiri yang dalam kasusnya mereka menabung di bank Konvensional.

Pada malam hari, diadakan sedikit refreshing, yaitu diadakan English Forum yang tujuannya melatih kemampuan Bahasa inggris para AcSESOR. Peserta diharuskan bercakap-cakap menggunakan Bahasa inggris.

 

#ACSESFEBUNAIR

#AcSESInsanCita

#OurHeartOurMindCommittedtoSharia

#SoSSEIBerdaya

#BerdayaBersama

Hits 54