PIKMEN FEB UNAIR 2021

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 05 September 2021

(FEB NEWS) Pekan Intelektual Kebersamaan Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (PIKMEN) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (PIKMEN FEB UNAIR) 2021, yang diselenggarakan pada 4-5 September 2021 dan Penutupan pada 11 September 2021 Secara Daring bersama 1045 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022, menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mencetak sejarah agar siap menghadapi  dunia Perguruan Tinggi. PIKMEN menjadi garda terdepan bagi mahasiswa baru untuk mencetak mahasiswa yang membawa perubahan dengan penyatuan perbedaan serta tindakan melalui pengenalan lingkungan kampus, budaya, komunitas dan juga nilai-nilai yang terdapat di FEB UNAIR. 

 

Acara tersebut dibuka dengan ditandai dengan Pemukulan Gong sebanyak 3x (tiga kali) oleh Dekan FEB UNAIR - Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA. Dan didampingi oleh Wakil Dekan I FEB UNAIR - Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi.  Banyak sekali pesan yang tersampaikan dalam acara PIKMEN FEB UNAIR 2021 buat “Kestria Muda Airlangga” sebagai generasi pelopor perubahan.

 

WISUDA UNIVERSITAS AIRLANGGA PERIODE MARET 2021 - 2021-09-05T021034.950

(Pemukulan Gong sebanyak 3x (tiga kali) oleh Dekan FEB UNAIR - Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA. dengan didampingi oleh Wakil Dekan I FEB UNAIR - Dr. Wisnu Wibowo, SE., sebagai tanda dibukanya acara PIKMEN FEB UNAIR 2021, 4-5 September 2021- secara Daring).

 

Ketua Pelaksana PIKMEN 2021 - Vania Safira Febrianti (yang juga Sekretaris Departemen PSDM - BEM FEB UNAIR - dari Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Angkatan 2019) menyebutkan dalam sambutannya bahwa Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 adalah merupakan “Angkatan special”, dimana mereka sudah 2 (dua) tahun menghadapi pandemi yang tak kunjung usai serta tetap konsisten untuk berjuang mengejar impian. Lebih lanjut Vania Safira Febrianti (yang lebih sering disapa Vania) melanjutkan bahwa,“sebagai mahasiswa kita harus bisa membawa dampak, membawa pengaruh, membawa kebermanfaatan untuk masyarakat, lingkungan sekitar dan khususnya Fakultas kita FEB UNAIR”. 

 

WISUDA UNIVERSITAS AIRLANGGA PERIODE MARET 2021 - 2021-09-05T020954.902

(Ketua Pelaksana PIKMEN 2021 - Vania Safira Febrianti, dalam sambutannya pada Acara PIKMEN FEB UNAIR 2021, 4-5 September 2021 - Secara Daring).

 

Presidem BEM FEB UNAIR - Thariq Priatmodjo menyebutkan dalam sambutannya bahwa Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk belajar di kelas, banyak sekali wadah untuk mengembangkan potensi diri dan Mahasiswa tidak harus berdemo melantangkan tuntutannya untuk eksistensi kampus. Cukup dengan prestasi untuk bisa membawa harum nama baik kampus FEB UNAIR tercinta. Adapun pesan terakhir dari Presiden BEM FEB UNAIR sebelum menutup sambutannya, “jadikan setiap tempat adalah sekolah, setiap orang adalah guru dan setiap peristiwa adalah pelajaran untuk kedepan lebih baik & menjadi pribadi yang lebih bermanfaat”.

 

WISUDA UNIVERSITAS AIRLANGGA PERIODE MARET 2021 - 2021-09-05T021013.215

(Presidem BEM FEB UNAIR - Thariq Priatmodjo dalam sambutannya pada Acara PIKMEN FEB UNAIR 2021, 4-5 September 2021 - Secara Daring).

 

Wakil Dekan I FEB UNAIR pun setuju dengan apa yang disuarakan oleh Vania dan Thariq bahwa untuk menyuarakan sesuatu kebenaran, tidak perlu melewati tindakan demo, tetapi cukup dengan cara membantu pergerakan melalui wadah-wadah positif yang tersedia

 

“Angkatan Special”, Dekan FEB UNAIR - Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA, juga menyepakati apabila Angkatan yang sekarang disebut sebagai Angkatan yang special,sebagaimana disampaikan dalam sambutan dari Vania.Lebih lanjut Prof. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA. menekankan agar sebagai Angkatan yang special  maka “janganlah menjadi mahasiswa KuPu-KuPu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang), tetapi diantara Kuliah dan pulang itulah harus menciptakan aktivitas yang memiliki dampak positif untuk sekitar”. Mahasiswa harus memiliki 6 kompetensi, beberapa diantaranya adalah kreatif, communication, critical thinking, dan computational thinking. Kompetensi tersebut harus terus diasah dan dikembangkan.  Bahkan kondisi pandemi seperti saat sekarang ini, jangan dijadikan sebagai penghalang, namun, perlu secara terus menerus meningkatkan tingkat efektivitas diri, dari seorang mahasiswa. Hard skill dan soft skill pun menjadi aspek penting untuk bekal di kemudian hari bagi mahasiswa FEB UNAIR.

 

Slogan FEB SATU – UNAIR HEBAT, harus bisa diwujudkan, karena HEBAT sendiri mempuanyai arti Humble, Excellent, Brave, Agile, dan Transcendent. Yang artinya tidak sombong, jujur, rendah hati, kesemua sifat-sifat dan kopentensi baik yang ada, harus terus diasah dan dikembangkan dalam diri, selalu berani berkarya, berkreasi, berprestasi, berani menyampaikan kebenaran, lincah, mampu bergerak cepat dalam segala hal untuk menciptakan kreasi, memanfaatkan peluang, dan menyerahkan segala jerih payah dan juga hasil akhir, hanya kepada Alloh SWT semata, berjalan bersamaNya dalam melakukan berbagai aktifitas, dariNya segala sesuatu kita syukuri dengan penuh bahagia dalam bekerja dan berkarya.

 

THE POWER OF YOUTH VOICE IN DIVERSITY menjadi tema PIKMEN pada tahun ini yang dimana suara teman-teman mahasiswa baru  akan membawa dampak besar dari perubahan dengan segala keberagaman yang ada. Dengan tema ini mahasiswa baru mampu menyadari bahwa AKU, KAMU, KITA adalah FEB! yaitu SATU! 

 

WISUDA UNIVERSITAS AIRLANGGA PERIODE MARET 2021 - 2021-09-05T021145.518

(Suasana dari acara PIKMEN FEB UNAIR 2021 yang diikuti oleh 1045 Mahasiswa Baru Program Sarjana FEB UNAIR TA 2021/2022, dalam acara PIKMEN FEB UNAIR 2021, 4-5 September 2021 - Secara Daring).



Wahai “Angkatan Special”, Kondisi pandemi seperti ini bukan menjadi suatu penghalang bagi kita untuk meningkatkan produktivitas. Jadilah mahasiswa yang bisa membanggakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.  



SALAM DARI KAMI, untuk Kesatria Muda Airlangga, Generasi Pelopor Perubahan FEB UNAIR, tetaplah melebarkan sayap diluar sana tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan dunia dan kalian akan tahu seberapa jauh kalian bisa membawa nama baik almamater tercinta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.



BERKREASILAH UNTUK NEGERI
GUNCANGKAN DUNIA DENGAN PRESTASIMU
JANGAN PUAS HANYA MENJADI MAHASISWA KUPU-KUPU
TAPI UKIR NAMA ALMAMATER-MU DENGAN SEMUA BAKAT YANG ADA PADAMU
BANGUNLAH, WAHAI KESATRIA MUDA AIRLANGGA
BERSINERGILAH DENGAN HATI
WUJUDKAN
FEB SATU
UNAIR HEBAT
HEBAT (Humble, Excellent, Brave, Agile, dan Transcendent)
EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA













CAPTION INSTAGRAM 

PIKMEN 2021 merupakan serangkaian kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru tahun dengan tujuan pengenalan mengenai dunia perkuliahan khususnya di lingkungan FEB Unair dan penanaman nilai-nilai yang menciptakan rasa kebanggaan terhadap FEB Unair. Serangkaian kegiatan ini diorganisasi oleh seluruh organisasi mahasiswa FEB Unair melalui panitia pikmen 2021 dengan tujuan agar mahasiswa baru mengenal, bangga dan mencintai kampus dan fakultas sebagai tempat berkembang selama berkuliah di FEB Unair.

PIKMEN 2021 sendiri mengusung tema "The Power of Youth Voice in Diversity". Tema tersebut menggambarkan kekuatan anak muda yang sangat bisa membuat perubahan untuk negeri walaupun hanya dengan perbuatan kecil. Dengan perkumpulan anak muda, semua keberagaman akan menjadikan persatuan dan membentuk kebersamaan.

PIKMEN 2021 diselenggarakan di tanggal 4 dan 5 September. Dimana rangkaian acaranya terdiri dari talkshow FEB, talkshow mawapres dan beswan FEB, sharing session alumni FEB, Focus Grup Disscusion, dan beberapa sosialisasi.

PIKMEN 2021 diharapkan mampu mengenalkan dunia kampus dan perkuliahan FEB kepada mahasiswa baru 2021, dan juga melalui treatment yang diberikan mampu mengembangkan skill-skill dari mahasiswa baru 2021.

#PIKMEN2021 

#ThePowerOfYouthVoiceInDiversity

#BEMFEBUNAIR 

#FEBSATU

#UNAIRHEBAT 

#SMARTUNIVERSITY 

#SMARTFACULTY 

#ExcellenWithMoralityUntukIndonesia 

#UniversitasAirlangga 

Hits 118

FEB UA