
National Business Case Competition (NBCC) merupakan ajang kompetisi bergengsi tahunan yang dikelola oleh HIMA S1 Manajemen Universitas Airlangga dan merupakan bagian dari sub acara Manajemen Expo (MEXPO). Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong kemampuan analisis dan pemikiran kritis mahasiswa Indonesia dalam menghasilkan solusi-solusi inovatif serta kreatif dalam memecahkan sebuah kasus bisnis di lingkungan perusahaan. NBCC tahun 2025 mengambil tema “Driving Innovation: Discovering Opportunity to Encourage ESG Strategy in Developing Business Sustainability” yang berfokus pada implementasi aspek ESG dalam membangun bisnis yang berkelanjutan.
National Business Case Competition 2025 menonjolkan 4 poin SDGs, yaitu poin ke 4 (Quality Education), 8 (Decent Work and Economic Growth), 9 (Industry, Innovation, and Infrastructure), dan 12 (Responsible Consumption and Production). Poin ke 4 atau Quality Education ditunjukan dari bagaimana event NBCC 2025 mendorong para mahasiswa untuk berpikir secara kritis dan kreatif untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Pendidikan yang berkualitas ditandai oleh pola pikir mahasiswa yang cerdas dan juga kemampuan problem solving yang baik.
Poin ke 8 atau Decent Work and Economic Growth ditunjukan dari bagaimana event NBCC 2025 mewadahi seluruh solusi atau ide kreatif para mahasiswa dalam mengatasi sebuah permasalahan bisnis dan mempertahankan bisnis yang berkelanjutan. Bisnis yang berkelanjutan merupakan salah satu kunci mendorong pertumbuhan ekonomi serta pekerjaan yang layak untuk masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan untuk meningkatkan produktivitas mereka dalam menghasilkan ide-ide baru yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara global.
Poin ke 9 atau Industry, Innovation, and Infrastructure ditunjukan terutama dari tema NBCC yang diusung tahun ini. NBCC 2025 menekankan pada pentingnya industrialisasi yang tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi perusahaan, tetapi juga pada aspek ESG (Environmental, Social, and Governance). NBCC 2025 juga menekankan pada inovasi kreatif yang menjadi kunci peningkatan efektivitas perusahaan serta membangun infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan.
Poin ke 12 atau Responsible Consumption and Production ditunjukan dari NBCC 2025 yang menekankan pada penggunaan strategi ESG dalam proses produksi dan konsumsi perusahaan. NBCC 2025 mendorong para mahasiswa untuk menemukan inovasi-inovasi kreatif dalam membangun perusahaan yang berkelanjutan dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi produktivitas namun tetap mementingkan tanggung jawab perusahaan terhadap aspek ESG.
NBCC 2025 terdiri dari rangkaian Pre Event yang berupa kegiatan Nasional Webinar dan Break the Case! Session dimana para peserta akan mendapatkan wawasan baru mengenai cara efektif dalam mengelola suatu permasalahan menjadi suatu peluang yang baru serta adanya sesi Break the Case! yang akan memberikan wawasan umum tentang bagaimana cara menguasai perlombaan business case. Selanjutnya, terdapat juga rangkaian Sub Event berupa Company Visit dari case contributor NBCC 2025 serta One to One Mentoring Session Finalists. Selain rangkaian tersebut, NBCC 2025 juga memiliki Main Event yang berupa tahap Preliminary dan Semifinal secara online serta tahap Final dan Awarding Day secara offline di Surabaya.
Dengan diadakannya kegiatan NBCC 2025, diharapkan para mahasiswa di seluruh Indonesia mampu meningkatkan kreativitas serta kemampuan mereka dalam berpikir dan memecahkan suatu permasalahan bisnis secara nyata. Mahasiswa juga diharapkan mampu membangun keberlanjutan dengan tetap mempertimbangkan aspek ESG sebagai tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sosial sekitar