
(BEM NEWS) Dalam rangka memberikan edukasi dasar mengenai konsep nilai tambah dalam dunia ekonomi sejak usia dini, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR menggelar Ruang Abdi vol.1 dengan tajuk “Warna Nomi (Wahana Roleplay Nilai Ekonomi)” pada Sabtu, 26 April 2025. Kegiatan ini mengusung tagline “Raise Your Value with Creativity” dan bertempat di Taman Paliatif, Surabaya.Program ini diselenggarakan melalui kolaborasi dengan NGO Save Street Child Surabaya (SSC.Surabaya), dan ditujukan untuk anak-anak usia kelas 4 hingga 6 SD yang tergabung dalam komunitas SSC.Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman mengenai nilai tambah dan proses ekonomi secara aplikatif melalui media seni dan simulasi peran.
Dengan pendekatan edukatif yang menyenangkan, anak-anak diajak menghias totebag sebagai produk dasar, kemudian mengikuti sesi mini exhibition untuk mempresentasikan hasil karya mereka layaknya proses jual-beli. Di akhir sesi, dilakukan refleksi bersama fasilitator mengenai bagaimana kreativitas mampu meningkatkan nilai suatu produk. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan SSC.Surabaya, jajaran panitia BEM FEB UNAIR, serta relawan mahasiswa yang berperan sebagai pendamping aktivitas anak. Antusiasme anak-anak terlihat dari keaktifan mereka dalam setiap sesi, mulai dari menghias, menjual, hingga menyampaikan ide-ide unik mengenai karyanya.
Dari sisi dampak, Ruang Abdi vol.1 memberikan kontribusi terhadap implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin 4 (Pendidikan Berkualitas) dan poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). Program ini menjadi bentuk nyata penguatan literasi ekonomi sejak dini serta pemberdayaan komunitas rentan melalui pendekatan edukasi yang inklusif dan kreatif. Dokumentasi kegiatan terekam dengan jelas melalui rangkaian foto dan video yang memperlihatkan semangat anak-anak, interaksi edukatif, dan suasana kolaboratif antara mahasiswa dan komunitas. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa pengabdian masyarakat bukan hanya tentang memberi, tetapi juga tumbuh dan belajar bersama. Melalui Ruang Abdi vol.1, BEM FEB UNAIR menegaskan perannya sebagai agen perubahan yang membawa dampak sosial melalui pendidikan alternatif yang membumi, aplikatif, dan penuh makna.
KOREKSI:
“EDUKASI EKONOMI ANAK LEWAT SENI DAN PERAN: BEM FEB UNAIR KOLABORASI DENGAN SSC SURABAYA”
(BEM NEWS) – Dalam upaya menanamkan pemahaman dasar mengenai konsep nilai tambah dalam dunia ekonomi sejak usia dini, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB Universitas Airlangga menggelar program Ruang Abdi Vol.1 bertajuk “Warna Nomi (Wahana Roleplay Nilai Ekonomi)” pada Sabtu, 26 April 2025. Mengusung tagline “Raise Your Value with Creativity”, kegiatan ini diselenggarakan di Taman Paliatif, Surabaya, melalui kolaborasi bersama organisasi non-profit Save Street Child Surabaya (SSC.Surabaya).
Program ini ditujukan bagi anak-anak kelas 4 hingga 6 SD yang tergabung dalam komunitas SSC.Surabaya. Melalui pendekatan yang aplikatif dan menyenangkan, anak-anak diajak memahami konsep nilai tambah dan proses ekonomi melalui media seni dan simulasi peran.
Kegiatan dimulai dengan sesi menghias totebag sebagai produk dasar. Setelah itu, peserta mengikuti mini exhibition untuk mempresentasikan hasil karyanya dalam skema layaknya proses jual beli. Di akhir sesi, para fasilitator memandu refleksi bersama, mengajak anak-anak memahami bagaimana kreativitas dapat meningkatkan nilai sebuah produk.
Acara ini dihadiri oleh perwakilan SSC.Surabaya, panitia BEM FEB UNAIR, serta para relawan mahasiswa yang berperan sebagai pendamping. Antusiasme peserta terlihat dari keterlibatan aktif mereka dalam setiap tahapan kegiatan—mulai dari menghias, menjual, hingga mempresentasikan ide-ide unik terkait karya masing-masing.
Secara substansi, Ruang Abdi Vol.1 berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), khususnya poin 4 (Pendidikan Berkualitas) dan poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). Program ini menjadi wujud nyata literasi ekonomi sejak dini dan pemberdayaan komunitas rentan melalui pendekatan edukatif yang inklusif serta kreatif.
Dokumentasi kegiatan yang terekam melalui foto dan video menunjukkan semangat anak-anak, interaksi yang edukatif, serta suasana kolaboratif antara mahasiswa dan komunitas. Program ini menegaskan bahwa pengabdian masyarakat bukan sekadar memberi, tetapi juga tumbuh dan belajar bersama. Melalui Ruang Abdi Vol.1, BEM FEB UNAIR menunjukkan komitmennya sebagai agen perubahan yang menghadirkan pendidikan alternatif yang membumi, aplikatif, dan penuh makna.