Tanti Handriana1
1 Airlangga University, Airlangga Street No. 4, Surabaya, 60285, East Java, Indonesia
DOI:
10.14414/jebav.v19i1.529
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepercayaan pendonor dan komitmen
hubungan dalam organisasi non-profit. Penelitian ini menggunakan metode survei dan
mengambil responden yaitu pendonor individu Lembaga Amil Zakat sebagai sampel
hubungan dalam organisasi non-profit. Penelitian ini menggunakan metode survei dan
mengambil responden yaitu pendonor individu Lembaga Amil Zakat sebagai sampel
penelitian. Ada 117 responden yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang sipero-
leh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Temuan penelitian
leh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Temuan penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai bersama berpengaruh signifikan terhadap keper-
cayaan; (2) relationship marketing investment memiliki pengaruh yang signifikan terha-
dap kepercayaan; (3) kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap relation-
ship commitment, dan (4) kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan pada future
cayaan; (2) relationship marketing investment memiliki pengaruh yang signifikan terha-
dap kepercayaan; (3) kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap relation-
ship commitment, dan (4) kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan pada future
intention. Kontribusi dari penelitian ini adalah terutama untuk memperluas penerapan
social exchange theory dan konsep relationship marketing yang cocok tidak hanya untuk
organisasi yang berorientasi profit, tetapi juga untuk organisasi nirlaba.
social exchange theory dan konsep relationship marketing yang cocok tidak hanya untuk
organisasi yang berorientasi profit, tetapi juga untuk organisasi nirlaba.
Sumber : https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jebav/article/view/529