Title: ANALISIS PENGARUH VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI MALANG.
Authors: Gatot Isniani
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Mutu keluaran yang dihasilkan PTS tidak bisa dilepaskan dengan mutu PTS itu sendiri. Perbedaan pandangan konsumen atas kinerja PTS akan menyebabkan perbedaan keputusan konsumen dalam memilih PTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang merupakan dimensi bauran pemasaran yang dipertimbangkan mahasiswa dalam memilih PTS, untuk mengetahui variabel-variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih PTS, untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih PTS, untuk mengetahui perbedaan keputusan mahasiswa antara mahasiswa perguruan tinggi yang berbentuk universitas dan mahasiswa sekolah tinggi. Uji coba pada 35 mahasiswa di luar obyek penelitian untuk uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Berdasarakan uji ini diperoleh 40 butir dari 42 butir dengan reliabilitas formula Spearman Brown 0,8280. Penelitian dilakukan di tiga universitas dan tiga sekolah tinggi ilmu ekonomi di Malang dengan 180 responden yang ditentukan secara proporsional random sampling. Teknik analisis menggunakan analisis faktor, regresi linier berganda, dan perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis faktor diperoleh 30 faktor dari 36 faktor (enam faktor dikeluarkan dari model karena mempunyai faktor loading kurang dari 0,50) yang terbentuk menjadi 11 variabel yang mempunyai eigenvalue &#8805; satu yaitu: produk, harga, estetika, lokasi, manusia (people), bukti fisik, alumni, promosi, kegiatan kemahasiswaan, personal traits, dan proses dengan cummulative of variance sebesar 68,2%. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda metode stepwise uji F menunjukkan bahwa produk, estetika, lokasi, manusia (people), bukti fisik, dan promosi, secara serempak mempunyai pengaruh bermakna terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS, yang ditunjukkan Frasio 31,6239 dengan probabilitas 0,0000 koefisien determinasi (R²) sebesar 0,5231 (52,31%). Berdasarkan uji t menunjukkan produk, estetika, lokasi, manusia (people), bukti fisik, dan promosi mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS dengan &#945; 0,05. Variabel produk merupakan variabel yang dominan mempunyai pengaruh bermakna terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS dengan nilai r² terbesar yaitu sebesar 0,2150 (21,50%). Berdasarkan analisis perbedaan dua rata-rata menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna antara keputusan mahasiswa universitas dengan keputusan mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi, yang ditunjukkan thitung 0,2369 < ttabel, 1,96 dengan &#945; 0,05. Berdasarkan temuan penelitian ini seyogyanya pihak pengelola PTS memperhatikan bauran pemasaran yang telah diimplementasikan serta mengikuti perkembangan bauran pemasaran yang perlu ditingkatkan. Variabel produk, estetika, lokasi, manusia (people), bukti fisik, dan promosi merupakan potensi yang dimiliki PTS obyek penelitian segala kebijakan yang terkait perlu dijaga konsistensinya Dalam rangka promosi peringkat terakreditasi sebagai indikator penting variabel produk hendaknya dipergunakan secara tepat dan bijaksana.
Keywords: HIGHER EDUCATION; EDUCATION PLANNING
Sources: http://repository.unair.ac.id/34814/