Title: Kesibukan, Tenure, Frekuensi Rapat Ceo, Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Authors: Melinda Cahyaning Ratri
Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kesibukan, tenure, dan frekuensi rapat CEO dengan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Penelitian ini menggunakan 624 observasi dari 78 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan database Global Reporting Initiative (GRI) selama sembilan periode dari tahun 2010 sampai 2018. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ordinary least square regression dengan pendekatan cluster model dan fixed effect menggunakan software STATA 15.0. Penelitian ini menemukan bahwa kesibukan dan tenure CEO berhubungan negatif dan signifikan dengan pengungkapan CSR perusahaan. Sebaliknya, frekuensi rapat CEO berhubungan positif dan signifikan dengan pengungkapan CSR perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan CEO yang sibuk atau CEO dengan masa jabatan yang lama cenderung memiliki pengungkapan CSR yang lebih sedikit dikarenakan kurang optimal dalam memahami isu-isu terkait CSR. Di sisi lain, perusahaan dengan CEO yang sering hadir dalam rapat dewan cenderung memiliki pengungkapan CSR yang lebih banyak karena dapat menyerap banyak informasi yang berguna untuk mengatasi isu-isu sosial dan lingkungan yang terus berubah. Penelitian ini memiliki implikasi bagi perusahaan dan pemegang saham sebagai pertimbangan dalam pengangkatan CEO perusahaan, melakukan pembatasan pada kesibukan dan masa jabatan CEO, serta meningkatkan kesadaran CEO untuk hadir dalam rapat dewan akan mendorong keberlanjutan perusahaan.
Keywords: CEO, busy, tenure, meeting frequency, corporate social responsibility
Sources: http://repository.unair.ac.id/97849/