Jeonbuk National University | World University Rankings | THE

Dalam dua dekade terakhir, Korea Selatan telah melakukan masifikasi dalam bidang pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Universitas yang berada di bawah Kementerian Pendidikan Pemerintah Korea Selatan mempromosikan institusinya secara aktif kepada mahasiswa internasional untuk meningkatkan daya saing serta pertukaran dan kerjasama antarnegara, salah satunya dengan Indonesia.

Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, Universitas Airlangga juga terus berusaha meningkatkan potensi dan wawasan mahasiswa dengan melakukan kerja sama dengan universitas lain di luar negeri dan mendukung mahasiswa dalam program pertukaran pelajar. Salah satu upaya tersebut terbukti dengan program pertukaran pelajar ke Jeonbuk National University (JBNU), Korea Selatan.

Jeonbuk National University (JBNU) terletak di kota bersejarah Jeonju, Korea Selatan. Sebagai universitas nasional unggulan untuk Provinsi Jeollabuk-do, JBNU didirikan pada tahun 1947 oleh dana provinsi dalam kerangka sistem universitas nasional Korea Selatan. Saat ini, JBNU telah berkembang menjadi 17 fakultas (termasuk Fakultas Kebijakan Publik dan Jimmy Carter School of International Studies) dan 14 sekolah pascasarjana (satu umum, sembilan khusus, dan empat sekolah professional). 

JBNU’s Fall Semester Exchange Program 2022 merupakan program pertukaran untuk mahasiswa internasional dari universitas yang sudah bekerjasama dengan JBNU, salah satunya Universitas Airlangga, dimana mahasiswa dapat mempelajari bahasa dan budaya korea serta mata kuliah yang berhubungan dengan bidang studi mereka. Program pertukaran mahasiswa ini diadakan secara luring selama kurang lebih 6 bulan dari September 2022 hingga Februari 2023 dengan mahasiswa internasional dari berbagai penjuru dunia. Mahasiswa yang sudah diseleksi akan mendapatkan beasiswa dalam bentuk biaya kuliah dan akomodasi tempat tinggal selama menempuh perkuliahan. Untuk semester ini, mahasiswa yang lolos seleksi dan dapat mengikuti program dari Universitas Airlangga terdiri dari 6 mahasiswa. Salah satunya adalah mahasiswa Ekonomi Islam angkatan 2019 bernama Filzah Thahirah Amanina.

Kegiatan ini juga turut membantu Universitas Airlangga dalam mencapai poin SDGs nomor 4 yakni Quality Education karena kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan memperluas wawasan mahasiswa serta ajang transfer teknologi sesuai dengan program studinya. Dengan mengikuti program pertukaran pelajar, mahasiswa dapat bertemu dengan mahasiswa dan akademisi lainnya dari berbagai negara di dunia.