FESTIVAL LITERASI HALAL FEB UNAIR(FEB NEWS) Kamis, 9 Maret 2023, Jawa Pos Bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) dan Bank Indonesia, dalam hal ini Departemen Manajemen FEB UNAIR dan Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR, menyelenggarakan acara “Jawa Pos Festival Literasi Halal 2023”, yang didukung oleh mitra-mitra lainnya seperti BRI Insurance Syariah, BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal), Halal Centre UNAIR dan Ormas Wilayah Jawa Timur seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Masyarakat Ekonomi Syariah.

Acara yang diselenggarakan untuk UMKM, Dosen, dan juga Mahasiswa lintas Fakultas di lingkungan Universitas Airlangga, mempunyai tujuan sebagai salah satu sarana akselerasi terkait edukasi dan literasi ekosistem halal lifestyle dikalangan publik kususnya mahasiswa dan pelaku usaha umkm yang diharapkan kedepannya peserta dapat menjadi duta penyebaran informasi seputar ekosistem ekonomi syariah.
Acara diselenggarakan dalam 2 sesi, dimana sesi pertama, Sharing Session dengan Tema: Edukasi Literasi Ekosistem Halal, dan sesi ke dua sesi Focus Group Discussion (FGD).

FESTIVAL LITERASI HALAL FEB UNAIR1Leak Kustiyo - Direktur Utama PT Jawa Pos Koran dalam sambutan pembukaannya, dan juga Dr. Wisnu Wibowo, SE., M.Si. – Wakil Dekan I FEB UNAIR, sangat mengapresiasi dan menyambut dengan baik program-program dalam bentuk sinergi, kolaberasi bersama untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah, sekaligus mengakselerasi sertifikasi halal di Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, dan menyampaikan harapannya, bersedia untuk diajak kembali dalam kolaborasi bersama oleh Bank Indonesia juga pihak-pihak lain yang terkait, seperti BRI Insurance Syariah, dalam rangka untuk terus berperan aktif meningkatkan kemanfaatannya untuk masyarakat luas.

Emil Elistiano Dardak – Wakil Gubernur Jawa Timur, juga memberikan apresiasinya atas peran serta dari UNAIR, khususnya FEB UNAIR, BI dan Jawa Pos. dalam menyelenggarakan Festival Literasi Halal Jatim. Dimana Gubernur dan seluruh elemen-elemennya telah berkomitmen untuk mempercepat perkembangan ekonomi syariah, dan dalam pengembangan ekonomi syariah, perlu didasari dengan literasi. Dimana Acara Festival ini, memiliki kesempatan untuk bisa membuat gebrakan, dorongan yang memiliki dampak berkelanjutan, dalam menyebarkan literasi mengenai ekonomi syariah. Dan dari hasil acara ini, Propinsi siap untuk menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi, saran-saran ataupun inisiatif-inisiatif yang muncul dari acara “Jawa Pos Festival Literasi Halal 2023”. Hadir juga memberikan sambutan pembukaan: Arif Hartawan - Pemimpin Departement Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia dan Sony Harsono Direktur Operational PT. BRI Asuransi Indonesia.

FESTIVAL LITERASI HALAL FEB UNAIR COVERHadir selaku pembicara dalam acara sharing session : 1. M. Irfan Sukarna - Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, membawakan materi Blue Print Literasi Ekonomi Syariah Bank Indonesia; 2. H. Nurhanudin, ST, M.Kom - Ketua Tim Sistem Informasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, dengan materinya Literasi Sertifikasi Halal dan Agen Sertifikasi Halal; 3. Eka Indria Sari - EVP Bisnis Syariah PT. BRI Asuransi Indonesia, hadir dengan materi Industri Keuangan & Produk Proteksi Berbasis Syariah Sebagai Gaya Hidup); dan 4. Dr. Tri Siwi Agustina - Ketua Pusat Kewirausahaan dan Relasi Industri FEB Universitas Airlangga, hadir dengan materi Potensi Ekonomi & Kewirausahaan Halal Nasional, dimana Sulistya Rusgianto, PhD - Sekretaris Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR, bertindak selaku moderator.

Semoga, acara “Jawa Pos Festival Literasi Halal 2023”, ini bisa menjadi sebuah sinergitas yang berkelanjutan dan pada akhirnya melalui literasi akan ekonomi syariah dan akselerasi sertifikasi halal, dapat memberikan dampak yang nyata bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Salam dari kami, Kesatria Airlangga
Bersinergi dengan hati untuk Ibu Pertiwi

#jawapos festival literasi halal 2023
#literasiprodukhalal
#akselerasisertifikasihalal
#sinergidenganhati
#jawapos
#bankindonesia
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#universitasairlangga
#smartfakulty
#samrtuniversity
#febsatu
#unairhebat
#excellencewithmoraily
#sdg’s4
#sdg’s8
#sdg’s14