PERAN SISTEM ORGANISASI AFEKTIF DAN KOGNITIF DALAM MEMBENTUK RESPONSIVITAS YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA APOTEK DI SURABAYA.

Title: PERAN SISTEM ORGANISASI AFEKTIF DAN KOGNITIF DALAM MEMBENTUK RESPONSIVITAS YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA APOTEK DI SURABAYA.

Authors: VINDI VICIANA

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Pada jaman dengan meningkatnya kompetisi dan kebutuhan pelanggan yang makin bertambah, responsivitas pada pesaing dan pelanggan merupakan faktor kesuksesan bagi apotek. Terdapat 2 kategori aktivitas yang mempengaruhi responsivitas pada pesaing dan pelanggan yaitu sistem organisasi afektif yang fokus pada budaya organisasi dan pemahaman terhadap pesaing dan pelanggan dan sistem organisasi kognitif yang fokus pada pemrosesan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sistem organisasi afektif dan kognitif dalam membentuk responsivitas dan bagaimana pengaruh responsivitas terhadap kinerja pemasaran dan keuangan apotek. Penelitian dilakukan pada apotek perseorangan di wilayah Surabaya Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas pada pesaing dan pelanggan lebih kuat dipengaruhi oleh orientasi pada pesaing terkait sistem organisasi afektif dibanding oleh sistem organisasi kognitif. Dan responsivitas pada pesaing memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran apotek. Dengan hasil tersebut, maka apotek perlu memperhatikan responsivitas pada pesaing untuk meningkatkan kinerja pemasarannya

 

Keywords: affective organizational system, cognitive organizational system, responsiveness, financial performance, marketing performance, pharmacy

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/37095/

Hits 102

FEB UA