PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMAK ST LOUIS 1 SURABAYA

Title: PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMAK ST LOUIS 1 SURABAYA

Authors: RIO ANINDITA PRATAMA

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas gaya kepemimpinan transformasional dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variabel intervening. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode observasi berdasarkan keadaan di lapangan serta wawncara dengan responden. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian adalah analisa Partial Least Square dengan menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan transformasional secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan Nilai T-statistics 2,342, gaya kepemimpinan transformasional secara signifikan berpengaruh positif terhadap motivasi dengan Nilai T-statistics 2,508, lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan Nilai T-statistics 0,012, lingkungan kerja secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi dengan Nilai Tstatistics 6,033, motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan Nilai T-statistics 1,474. Rekomendasi dari penelitian adalah; (i) Gaya kepemimpinan transformasional merupakan hal penting untuk meningkatkan motivasi dan kinerja Guru SMAK St Louis 1 Surabaya, (ii) Variabel lingkungan kerja dan motivasi terbukti tidak berpengaruh terhadap kinerja Guru di SMAK St Louis 1 Surabaya, (iii) Lingkungan yang nyaman dan mendukung suasana kerja dapat meningkatkan motivasi kerja, (iv) Mengembangkan lebih jauh model yang dilakukan peneliti dengan menambahkan variabel lain yang masih erat hubungannya, misalnya variabel budaya organisasi, kompetensi, ataupun dengan indikator-indikator lain, (v) Sedapat mungkin peneliti yang akan datang hendaknya melakukan kuesioner untuk PKG (Penilaian Kinerja Guru) sehingga nantinya akan didapatkan instrument yang lebih baik.

 

Keywords: Transformational Leadership, Work Environment, Motivation and Teacher Performance

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/37226/

Hits 96

FEB UA