PENGARUH JENIS ENDORSER DAN BRAND NAME TERHADAP SIKAP ATAS IKLAN, SIKAP ATAS MERK DAN NIAT PEMBELIAN PADA PRODUK HIGH DAN LOW INVOLVEMENT.

Title: PENGARUH JENIS ENDORSER DAN BRAND NAME TERHADAP SIKAP ATAS IKLAN, SIKAP ATAS MERK DAN NIAT PEMBELIAN PADA PRODUK HIGH DAN LOW INVOLVEMENT.

Authors: Muchammad Saifuddin

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Strategi pemasaran global harus dilakukan oleh perusahaan untuk menembus pasar global. Kombinasi antara kredibilitas endorser dan kredibilitas merk sangat berdampak pada perilaku konsumen, hal tersebut tidak bisa dipisahkan, model tersebut dikenal dengan istilah Dual Credibility Model (DCM). Selain daripada itu, involvment dapat membedakan pengaruh endorser dan brand name terhadap sikap konsumen. Dalam penelitian ini, iklan yang digunakan terdiri dari endorser, baik foreign dan domestic dan brand name, baik foreign dan domestic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis Endorser dan Brand Name terhadap perilaku konsumen terhadap produk tablet pc dan pasta gigi. Dengan menganalisis kriteria untuk dievaluasi dari jenis Endorser yaitu foreign endorser dan domestic endorser, serta melalui Brand Name yaitu foreign brand name dan domestic brand name. Penelitian ini menggunakan pendekatan Manova, untuk mengukur pengaruh jenis endorser terhadap sikap dan niat beli, pengaruh brand name terhadap sikap dan niat beli, pengaruh involvement dalam memoderasi endorser dan brand name terhadap sikap dan niat beli. Dari hasil pengolahan dan analisa data, dapat disimpulkan bahwa iklan menggunakan foreign endorser dan foreign brand name adalah saran terbaik bagi pemasar untuk digunakan dalam periklanan, baik untuk barang yang high maupun low involvement

 

Keywords: Foreign Endorser, Domestic Endorser, Foreign brand name, Domestic brand name,involvement, Manova, Sikap atas Iklan, Sikap atas Merek dan Niat Beli.

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/37037/

Hits 71

FEB UA