PENGARUH KONTROL KELUARGA DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI.

Title: PENGARUH KONTROL KELUARGA DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI.

Authors: LULUD WIJAYANTI

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol keluarga dan komisaris independen terhadap kebijakan dividen dan struktur modal. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui bagaimana peran variabel moderasi komisaris independen pada pengaruh kontrol keluarga terhadap kebijakan dividen dan struktur modal. Penelititan ini menggunakan data panel dari 26 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2007-2011. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kontrol keluarga berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen dan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap struktur modal, sedangkan komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen dan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Variabel moderasi komisaris independen memperlemah pengaruh negatif kontrol keluarga terhadap kebijakan dividen. Di sisi lain, variabel moderasi komisaris independen memperkuat pengaruh negatif kontrol keluarga terhadap struktur modal.

 

Keywords: family control, board of independent, dividend policy, and capital structure.

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/37032/

Hits 66

FEB UA