Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PERSONAL KOMPUTER DI KOTAMADYA MANADO.

Authors: Sam George Oroh

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Pertumbuhan teknologi informasi khususnya personal computer begitu cepat diadopsi oleh masyarakat Internasional, termasuk Indonesia dan lebih khusus lagi masyarakat Kotamadya Manado untuk digunakan dalam setiap kegiatan, baik itu perorangan maupun organisasi. Konsumen dalam membeli personal computer dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor intern maupun faktor ekstern. Kaitannya dengan penelitian ini, faktor-faktor adalah merek, harga, harddisk memory, processor, multimedia, casing, pelayanan purna jual, bonus, dan garansi. Sesuai dengan faktor-faktor tersebut, maka penelitian ini, menetapkan judul "Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Pada Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Personal Computer Di Kotamadya Manado". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor﷓faktor tersebut berpengaruh pada pengambilan keputusan konsumen membeli personal computer di Kotamadya Manado. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengambilan sample dengan metode cluster sampling. Jumlah sample dipilih sebanyak 200 sampel yang terdiri dari 100 sampel pengguna personal computer access internet dan 100 sampel pengguna personal computer tidak access internet. Teknik analisis menggunakan logistic regression pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian secara umum faktor-faktor yang berpengaruh adalah memory (0,0018), processor (0,0003), dan multimedia (0,0002). Faktor-faktor yang berpengaruh pada pengguna personal computer access internet adalah harddisk (0,0387), memory (0,0311), processor (0,0335), multimedia (0,0203), dan garansi (0,0209). Faktor-faktor yang berpengaruh pada pengguna personal computer tidak access internet adalah memory (0,0303), processor (0,0001), multimedia (0,0032), dan garansi (0,0269).

 

Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; PERSONAL COMPUTER

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/34797/

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA