Title: Pengaruh Kontrak Psikologis terhadap Commitment to Change : Resiliensi Akademik sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa S2 Manajemen Universitas Airlangga)

Author: Juwita Sari 

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Perubahan kebijakan menuju world class university yang terjadi merupakan aturan yang bersifat wajib sehingga mahasiswa yang setuju ataupun tidak, harus mematuhi peraturan tersebut. Disisi lain, mahasiswa menjadikan perubahan peraturan tersebut menjadi beban dan enggan untuk dikerjakan. Penelitian ini menguji pengaruh variabel-variabel yang mampu mempengaruhi commitment to change mahasiswa, dengan tujuan agar mahasiswa tetap commit pada perubahan peraturan terkait kewajiban untuk publikasi. Variabel tersebut adalah kontrak psikologis mahasiswa dan resiliensi akademik mahasiswa. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan data yang berasal dari survei. Responden yang didapatkan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrak psikologis berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik dan commitment to change. Begitu juga resiliensi akademik, berpengaruh positif terhadap commitment to change. Artinya, untuk meningkatkan komitmen mahasiswa terhadap perubahan, manajer di pendidikan tinggi dapat menanamkan kontrak psikologis yang kuat serta membantu mahasiswa dalam meningkatkan resiliensi akademik mereka. Studi ini juga akan menguji efek mediasi dari resiliensi akademik mahasiswa dimana resiliensi akademik merupakan hal yang penting yang harus dimiliki seseorang yang sedang menempuh pendidikan, dan hal tersebut merupakan kebaruan dari penelitian ini.

Kata Kunci : Psychological Contract, Academic Resilience, Commitment to Change.

 

Source: http://repository.unair.ac.id/97716/

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA