Title: PENGARUH ANGGARAN DAN KARAKTERISTIK LAPORAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENGENDALIAN MANAJEMEN PARA MANAJER DI PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III

Authors: HENGKI JAJANG HERASMANA

Affiliations: Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Organisasi memulai kegiatannya untuk mencapai tujuan dengan melakukan proses perencanaan. Salah satu alat untuk perencanaan dalam pencapaian tujuan adalah anggaran. Anggaran mempengaruhi pencapaian tujuan.

Untuk meningkatkan probabilitas pencapaian tujuan organisasi dibentuk pusat pertanggungjawaban, agar dapat memantau hasil kerja pusat pertanggung- jawaban, diperlukan laporan.

Pengendalian Manajemen yang efektif adalah yang mampu memotivasi anggota untuk mencapai tujuan, PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia Ill dituntut untuk mencapai tujuan sehingga perlu ditunjang oleh Pengendalian Manajemen yang memadai.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh anggaran dan karakteristik laporan terhadap efektifitas pengendalian manajemen para manajer di PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia Ill.

Penelitian dilakukan terhadap seinua manajer di PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III. Populasi manajer yang ada sebanyak 179 orang.

Pengujian validitas dilakukan dengan Pearson correlation dengan melakukan korelasi antara skor butir pertanyaan dengan total skor. Dari uji tersebut menunjukkan semua item pertanyaan valid. Tingkat reliabilitas dihitung dengan menggunakan uji statistik Cronbach alpha. Nilai Cronbach alpha yang dihasilkan semua diatas 0,07 yang berarti semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini sudah reliable.

Selain uji validitas dan relibilitas juga dilakukan uji asumsi klasik, yaitu uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan variabel yang digunakan mempunyai distribusi normal.

Analisis data dilakukan dengan pendekatan regresi sederhana dan regresi berganda dengan tingkat alpha 0,05 (5%). Pengujian korelasi parsial dengan tenggunakan t-test menunjukkan bahwa anggaran berpengaruh terhadap efektifitas pengendalian manajemen. Sedangkan karakteristik laporan berpengaruh terhadap efetivitas pengendalian manajemen.

Penelitian ini mempunyai implikasi untuk penelitian yang akan datang dengan memasukkan variabel lain yang diduga besar pengaruhnya terhadap efektifitas pengendalian manajemen.

Keywords: budget, report characteristic, management control effectiveness, PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III.

Sources: http://repository.unair.ac.id/36094/

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA