Title: APLIKASI THEORY OF CONSTRAINTS (TOC) DALAM MENENTUKAN BAURAN PRODUK OPTIMAL PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA UD. KARTIKA BAHARI, TUBAN)

Authors: Nurani Mahendra Dhata

Affiliations: Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

TOC merupakan salah satu topik pembahasan yang banyak diminati oleh para manajer saat ini. Sebab sebagaimana alternatif lainnya, TOC mampu membuktikan dirinya dapat digunakan pada setiap jenis perusahaan dalam berbagai ukuran.

Dimana TOC mencoba untuk membantu manajer dalam memecahkan permasalahan dengan beberapa langkah yang terencana antara lain: dengan mengidentifikasi kendaJa, kemudian memanfaatkan bottleneck yang ada secara efisien, lalu menjaga aliran produk sepanjang bottleneck, rneningkatkan kapasitas bottleneck dan yang terakhir adanya usaha untuk continous improvement.

Penelitian ini dilakukan pada un. Kartika Bahari, Tuban. Yang bergerak pada bidang agribisnis. Dengan skala usaha menengah, atau usaha kecil. Perusahaan ini memproduksi berbagai produk ikan Iaut. Dengan daerah pemasaran dalam negeri atau Iokal.

Perusahaan ini mengalami masaIah, yaitu tidak mampu memenuhi permintaan yang rnasuk. Akan tetapi dengan aplikasi TOC, maka perusahaan mampu meningkatkan Iabanya dengan kapasitas yang ada. Dan jika perusahaan ingin memenuhi jurniah permintaan, maka perusahaan dapat rnenambah jam keIja mesin, dengan cara mengadakan lembur.

Keywords: -

Sources: http://repository.unair.ac.id/55725/

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA