Mengupas Teori dan Praktik Manajemen Dakwah

“Ballighuu ‘anny walau ayah” (Shahih Al Bukhari) yang diartikan dengan “Sampaikanlah olehmu sekalian dariku meski hanya satu ayat (al Qur’an).”

Dari hadist di atas, mengandung makna bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menyampaikan perkara agama dari beliau, karena Allah subhanahu wa ta’ala telah menjadikan agama ini sebagai satu-satunya agama bagi manusia dan jin (yang artinya), “Pada hari ini telah kusempurnakan bagimu agamamu dan telah kusempurnakan bagimu nikmat-Ku dan telah aku ridhai Islam sebagai agama bagimu” (QS. Al Maidah : 3). Tentang sabda beliau, “Sampaikan dariku walau hanya satu ayat”, Al Ma’afi An Nahrawani mengatakan, “Hal ini agar setiap orang yang mendengar suatu perkara dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersegera untuk menyampaikannya, meskipun hanya sedikit.

Dalam perjalanan dakwah yang panjang dan berliku dikalangan mahasiswa terkhususnya mahasiswa muslim yang berperan penting sebagai pelopor bangsa dan agama diperlukannya untuk memompa semangat dalam menambah wawasan maupun ilmu guna meneruskan perjuangan dakwah.“Departemen PSDM” MOSAIC Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga membuat suatu acara yang bisa meningkatkan kemampuan kritis, wawasan, softskill serta mampu mendorong mahasiswa untuk mengungkapkan pikirannya, sesuai dengan kaidah-kaidah islam dengan mengacu pada Al Quran dan hadist.

School of Dakwah (SOD) ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 April 2018 bertepatan di Aula Parlina Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga dengan menghadirkan pembicara Ustadz Heru Kusumahadi, Lc. dengan mengusul tema "Manajemen Dakwah dari Segi Etika Dakwah yang Efektif di Lingkungan Keluarga" dan Ustadz Isbudi Aryanto dengan mengangkat tema "Manajemen Dakwah dari Segi Tauhid diiringi Pelatihan Ruqyah".

Acara berjalan dengan aktif dengan antusiasme peserta yang hadir dalam kegiatan dengan adanya sesi quetion and answer dan pelatihan ruqyah mandiri yang di bina oleh Ustadz Isbudi sebagai instruktor. Hal ini di buat agar peserta mendapatkan benefit baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mengutip dari pesan yang tersampaikan dari Ustadz Heru Kusumahadi, Lc. yakni "Debat yang paling baik itu "Uslub" yakni dengan cara yamg lembut tidak kasar dan mengungkapkan kebenaran bukan untuk merendahkan.

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA