YOUTEX 2019

 YOUTEX 2019

YOUTEX atau yang biasa dikenal dengan nama Youth Excursion merupakan acara tahunan dalam lingkup asia yang diselengarakan oleh International Global Network di Tokyo, Jepang. Antusiasme perserta yang mengikuti seleksi dari tahun ke tahun kian meningkat. YOUTEX telah menghasilkan banyak sekali alumni yang tersebar di seluruh asia dengan harapan dalam kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan membuka persepektif baru dalam memandang suatu peradaban di negara lain. Tema YOUTEX 2019 ini selaras dengan tujuan dari kegiatan ini yaitu,”Enhance The Knowledge Of Japan’s Advancement And Historical Value”.

Sebelumnya Youtex telah dilaksanakan di berbagai negara di asia seperti Korea, Malaysia, Singapura, Hongkong, Turki, Thailand, dan Jepang. Sebelum dinyatakan menjadi delegator, calon delegator harus membuat motivation letter dan dalam beberapa hari pengumuman diumumkan melalui e-mail calon delegator Youtex 2019. Rifki Fardian Damanhari dan Adimas Yahya Kurniawan dari prodi S1 Manajemen angkatan 2016 berhasil menjadi delegasi pada acara Youtex 2019 yang diselenggarakan di kota Tokyo, Jepang.

Acara Youtex sendiri berlansung selama empat hari mulai tanggal 20 – 23 November 2019 dan diikuti oleh 75 delegasi dari berbagai negara di asia. Dengan rangkaian acara pertama yakni welcoming session sebagai sambutan serta motivasi untuk membakar semangat para delegator serta permainan kelompok untuk membangun relasi sesama delegator. Lalu keesokan harinya dilanjutkan dengan university visit yang dilakukan di Tokyo University dan Waseda University guna memperkenalkan universitas tersebut dan menginformasikan beasiswa apa saja yang dapat ditempuh untuk studi disana. Pada hari tersebut ditutup dengan city challenge di daerah Shibuya dan Shinjuku untuk mengeksplorasi budaya di Jepang. Selanjutnya di hari terakhir kegiatan para delegator mengunjungi perusahaan pengelolaan sampah terbesar di Jepang yang bernama Inceranation Plant, disana delegator belajar bagaimana proses pengelolaan sampah dari hulu ke hilir dan memberikan manfaat bagi penduduk Jepang. Selanjutnya perusahaan yang dikunjungi adalah Panasonic Centre, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Jepang, delegator belajar mengenai bagaimana suatu penemuan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari, dan ujung pada hari terakhr kegiatan ini ditutup dengan international symposium dan focus group discussion tentang bagaimana meningkatkan pengetahuan teknologi dan nilai budaya di Jepang.

Dari acara Youtex ini, delegasi dari fakultas ekonomi dan bisnis universitas Airlangga mendapat banyak pengalaman salah satunya adalah membangun perspektif baru mengenai perbedaan budaya di negara Jepang dan Indonesia, serta bagaimana teknologi dikolaborasikan dengan budaya sehingga menjadi suatu budaya baru yang dapat menjawab berbagai permasalahan di suatu peradaban.

Hits 259