Delegasi UNAIR sabet juara 1 pada Islamic Economic Competition 2.0

  • By Humas FEB
  • In Hima Ekis
  • Posted 05 September 2020

SURABAYA—Minggu, 16 Februari 2020 rombongan Universitas Airlangga berangkat menuju Ponorogo menggunakan kereta api. Perjalanan ini dilakukan dalam rangka mengikuti lomba Olimpiade Ekonomi Islam bertajuk Islamic Economics Competition (IESCO) 2.0 yang digelar oleh Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo dalam serangkaian acara FEM Festival. IESCO sendiri berlangsung pada 16-19 Februari 2020.

Adalah Sholikudin Alawy (Ekonomi Islam 2017), Elok Aprilia Imroatus Soliha (Ekonomi Islam 2017) Mar’atus Sholikah (Ekonomi Islam 2017), Alaik Wahyu Rozaki (Ekonomi Islam 2018), Rizki Alvin Amrullah (Ekonomi Islam 2018), dan Putri Pramita (Ekonomi Islam 2018) yang menjadi delegasi Universitas Airlangga pada lomba IESCO.

Photo 1. Delegasi Universitas Airlangga bersama Prof. Raditya Sukmana, S.E., M.A. selaku pemateri dalam seminar nasional.

 

Lomba diawali dengan babak penyisihan berupa babak pengerjaan soal secara tim. Kedua tim berhasil lolos menuju babak semifinal, yaitu babak cerdas cermat. Tim Alaik dkk. berhasil memperoleh top 3 pada kloter ruangannya, sementara Tim Sholikudin dkk. berhasil lolos menuju babak final dan mengikuti rangkaian lanjutan untuk perebutan juara.

Photo 2. Kloter B pada babak Semifinal. Tim Alaik dkk. menjadi top 3 scorer pada kloter B.

 

Babak final dilaksanakan dengan babak cerdas cermat antara tim-tim yang lolos dari masing-masing kloter di babak sebelumnya. Babak final berlangsung menegangkan sebab masing-masing tim mempunyai kelebihan masing-masing. Sholikudin dkk. sempat terseok pada putaran pertama, namun dapat memutar keadaan ketika soal dengan skor tinggi dapat terjawab dengan benar. Perjalanan hingga putaran terakhir dengan soal tebak gambar berhasil mengantar Tim Sholikudin dkk. meraih posisi pertama.

Kegiatan IESCO juga merupakan serangkaian acara antara lomba karya tulis ilmiah, lomba business plan, seminar internasional, serta tabligh akbar dan gala dinner yang dilaksanakan setelah peserta melalui seluruh babak perlombaan. Prosesi penghargaan juara dilaksanakan pada hari terakhir (re: Rabu, 19 Februari 2020) dalam seminar internasional di Gedung Terpadu Universitas Darussalam, kemudian peserta mengikuti acara yang tersisa termasuk penutupan.

Photo 3 dan 4. Tim Sholikudin dkk. menerima pemberian piala dan plakat Juara 1 dari penyelenggara.

 

Berdasarkan kesaksian Sholikudin selaku ketua tim, lomba ini merupakan kali ketiga ia dan tim turut berpartisipasi. Tahun pertama hampir lolos babak final, namun berakhir sebagai top 3 pada kloter semifinal. Tahun kedua berhasil membawa Juara Ketiga, dan tahun ini Sholikudin dkk. berhasil membawa pulang juara pertama.

Secara keseluruhan, acara berlangsung megah dan meriah. Suatu wadah yang baik untuk mencari pengalaman, teman yang mengajak pada kebaikan, serta bonus juara yang leganya berhasil dibawa pulang oleh delegasi Universitas Airlangga.

Hits 57