Sebagai asosiasi profesi yang menaungi seluruh akuntan di Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) memiliki program untuk menjadikan IAI sebagai pusat pengembangan keprofesian bagi calon akuntan profesional, melalui peningkatan cakupan kegiatan Aspiring Professional Accountants. Aspiring Professional Accountant adalah istilah yang digunakan oleh International Federation of Accountants (IFAC) untuk mendefinisikan calon akutan profesional yang melalui proses pembelajaran dan pengembangan, agar memiliki kompetensi sehingga dapat menjalankan perannya sebagai seorang akuntan profesional. Kualitas dan kuantitas Aspiring Professional Accountants menjadi titik sentral untuk menentukan masa depan profesi akuntan demi mewujudkan profesi yang lebih baik, berkontribusi untuk negeri dan untuk mewujudkan dunia yang lebih baik. Untuk menjamin profesionalisme akuntan Indonesia, IAI mengharapkan mahasiswa akuntansi di seluruh Indonesia dapat mempersiapkan masa depannya dengan baik di tengah dinamika lingkungan yang terjadi. Sejak tahun 2017, IAI melaksanakan Aspiring Professional Accountants Festival (APAFest) sebagai ajang tahunan berkumpulnya mahasiswa berprestasi dari seluruh Indonesia untuk menampilkan prestasi, kreativitas, dan kemampuan akademik untuk berkompetisi menjadi yang terbaik serta memperoleh kesempatan untuk terhubung dan mendapat peluang bekerja di beragam entitas terkemuka yang menjalin kemitraan sebagai Corporate Partner IAI. Pada tahun 2020, untuk kedua kalinya IAI akan melaksanakan pemilihan mahasiswa akuntansi berprestasi secara nasional untuk mendapatkan National Aspiring Professional Accountant Award sebagai penghargaan puncak dalam APAFest 2020.

IAI mengundang seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk melaksanakan seleksi atau kompetisi di tingkat perguruan tinggi untuk mendapatkan 1 (satu) orang mahasiswa akuntansi terbaik dari masing-masing perguruan tingginya. Perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi dalam satu provinsi selanjutnya akan mengikuti seleksi secara berjenjang di tingkat provinsi oleh IAI. Para peraih nilai tertinggi di tahapan seleksi provinsi akan menjadi finalis untuk berkompetisi secara nasional memperebutkan penghargaan sebagai penerima penghargaan mahasiswa akuntansi berprestasi terbaik di Indonesia-National.

Pada dasarnya APA AWARD ini merupakan lomba tahunan yang diadakan oleh IAI yang tahun ini diadakan secara online. Lomba diadakan melalui zoom meeting dan media online lainnya seperti youtube. Pada tahap seleksi peserta lomba diminta untuk mengirimkan syarat pendaftaran berupa CV,Transkrip nilai semester terakhir, Karya tulis ilmiah, Ringkasan karya tulis ilmiah berbahasa Inggris. Data prestasi/capaian yang diunggulkan dan dibanggakan, serta video yang memuat profil diri dan testimoni terkait CA melalui link yang telah disediakan oleh panitia. 

Dokumentasi dari video, dimana delegasi lomba sedang menjelaskan profil diri sebagai perwakilan dari Universitas Airlangga dalam APA AWARD 2020. Video ini merupakan salah satu syarat pendaftaran dari lomba yang diadakan oleh IAI ini. Video ini kemudian diupload di youtube dan dapat ditonton secara publik oleh penonton.

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA