Pada tanggal 8 September 2019, 60 orang berkumpul di Lapangan MM untuk bersiap menuju Jakarta. Kami menuju Jakarta menggunakan bis dengan waktu tempuh kurang lebih 10 jam. 

 

Tanggal 9/10/2019 pukul 08.00 kami tiba di Karawang dan langsung menuju PT Wijaya Karya Beton Tbk. Wika Beton merupakan salah satu anak perusahaan manufaktur milik BUMN yaitu PT Wijaya Karya Tbk. Wika Beton berkontribusi besar dalam pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia. Kunjungan kami disambut oleh Head of Accounting yaitu Pak Inu. Kami mendapatkan penjelasan mengenai akuntansi dalam perusahaan manufaktur. sSetelah mendapat penjelasan mengenai akuntansi manufaktur, kami diajak berkeliling ke pabrik PT Wijaya Karya Beton Tbk. dan melihat langsung pembuatan beton yang selama ini kami rasakan manfaat nya ketika melewati jalanan tol. 

 

Tanggal 10/10/2019 pukul 08.00 kami bersiap menuju kantor LinkAja. Seperti yang kita ketahui, saat ini di Indonesia sedang marak dalam penggunaan fintech. Namun, banyak masyarakat belum mengetahui bahwa negara kita juga punya perusahaan fintech lo! LinkAja merupakan Fintech berplat merah yang merupakan cikal bakal perusahaan Unicorn. Tidak hanya mendapat info umum mengenai LinkAja, kami juga mendapat banyak pengetahuan mengenai akuntansi dalam perusahaan Fintech, dimana perusahaan ini mengalami perubahan yang cukup cepat. Pengetahuan menganai akuntansi ini kami dapatkan melalui staff accounting LinkAja. Kami disambut dengan sangat hangat mulai dari awal kami tiba hingga kunjungan berakhir lho!

Pada hari Rabu, 10 September 2019, kami melanjutkan kunjungan perusahaan di PricewaterhouseCoopers yang merupakan kantor akuntan publik yang termasuk dalam The Big Four. Acara dimulai dengan sambutan oleh perwakilan dari PwC dan dosen pembimbing dari UNAIR. Acara dilanjutkan dengan materi seputar PwC dan sharing session bersama alumni, yaitu Akuntina dan Joyce. Disini peserta mendapatkan banyak insight sepeti working environment di PwC, jenjang karir di PwC, jasa-jasa akuntansi yang disediakan PwC, dan masih banyak lagi. Kami juga diberi waktu untuk bertanya pada sesi tanya-jawab.

 

Di hari ketiga, perusahaan pertama yang kami kunjungi adalah PT. Astra International Tbk. Kami disambut sangat baik oleh bagian Communications yaitu Pak Indra. Kami mendapat banyak pengetahuan mengenai lini perusahaan Astra yang membuka banyak peluang kami sebagai lulusan Akuntansi untuk menjadi bagian dari keluarga besar Astra.

Selesai nya di Astra, kami melanjutkan kunjungan kami ke Kantor KAP RSM. dalam kunjungan ini kami ditunjukan software yang digunakan perusahaan dalam proses auditing. Sangat menarik dan memberikan pengalaman baru bagi para peserta! 

 

Perusahaan pertama yang kami kunjungi di hari terakhir adalah direktorat jenderal pajak di Jalan Gatot Subroto yang jaraknya cukup dekat dari hotel. Kami disambut dengan hangat oleh para staff. Acara dimulai dengan sambutan dari pihak dirjen pajak dan dosen pendamping. Direktorat jenderal pajak memiliki peran yang penting untuk mengatur perpajakan di Indonesia. Djp menyumbang sekitar 80% dari pendapatan negara. Disini kami dapat lebih mengetahui apa saja isu pajak di indonesia, bagaimana sistem dalam membayar pajak dan meningkatkan kesadaran diri untuk membayar pajak terutama bagi kaum millenial. Selain itu juga menjelaskan tentang lingkungan dan kualifikasi kerja di djp. Di akhir acara pihak djp melakukan kuis tentang materi yang telah dijelaskan dan memberi hadiah bagi peserta yang dapat menjawab dengan benar. Setelah melakukan kunjungan di kantor dirjen pajak, kami berangkat menuju perusahaan terakhir yaitu world bank yang terletak di IDX Tower Jalan Sudirman. World bank merupakan Suasana kantornya cukup nyaman. Disana kami dapat mengetahui apa saja visi misi world bank di dunia dan khususnya di Indonesia. Di world bank kita lebih mempelajari untuk meningkatkan rasa sosial terhadap sesama dan penjelasan tentang stunting  mengenai permasalahan kurang gizi di Indonesia serta bagaimana peran world bank dalam mengurangi stunting tersebut. 

 

Demikian rangkaian acara Company Visit 2019. Semoga para peserta mendapat wawasan dan pengalaman yang berharga

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA