Pada hari Jumat, 30 April 2021 Kelompok Studi Pasar Modal FEB Unair (KSPM) mengadakan Sekolah Pasar Modal yang merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun. Sekolah Pasar Modal sendiri merupakan program edukasi dan sosialisasi investasi di pasar modal. Target partisipan dari Sekolah Pasar Modal ini adalah mereka yang masih awam mengenai pasar modal dan investasi, tetapi memiliki ketertarikan untuk mempelajarinya. Pada tahun ini Sekolah Pasar Modal diadakan dalam bentuk webinar yang menghadirkan dua pemateri dari Bursa Efek Indonesia dan IPOT. 




Salah satu pemateri dalam SPM kali ini adalah Dyan F Mahardika yang berprofesi sebagai Executive Trainer Bursa Efek Indonesia. Yang memberikan materi mengenai gambaran umum mengenai pentingnya investasi. Dalam penjelasannya, pemateri  menjelaskan bagaimana inflasi terus terjadi sepanjang waktu, sehingga menurutnya apabila uang tidak dimanfaatkan dengan tepat, maka akan terus mengalami kerugian yang disebabkan menurunnya nilai mata uang. Sehingga dari permasalahan ini, investasi merupakan salah satu solusi untuk melawan inflasi. Selain itu, beliau juga memaparkan mengenai pasar modal, meliputi instrumen-instrumen yang ada di pasar modal, struktur pasar modal di Indonesia, pertumbuhan investor di pasar modal selama pandemi, serta tingkat literasi keuangan Indonesia. 

Pemateri kedua yaitu Imelda yang merupakan senior representative dari IPOT Surabaya. Materi yang disampaikan pada sesi kedua ini mengenai IPOT meliputi produk-produk IPOT yaitu aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh IPOT untuk memudahkan dalam mengatur keuangan pribadi. Tidak hanya itu, dalam sesi kedua ini dijelaskan juga secara langsung bagaimana pembukaan akun di IPOT hingga dalam tahap berinvestasi. Bu Imelda juga memberikan tips-tips dalam memilih saham yang salah satunya melalui analisa fundamental dan analisa teknikal. 

Sekolah Pasar Modal tahun ini meskipun diadakan secara online, tetapi idak menyurutkan antusiasme dari para peserta. Tidak hanya berisi pemaparan materi dari para pemateri, dalam rangkaian acara SPM tahun ini juga terdapat games ditengah acara yang membuat Sekolah Pasar Modal kali ini tidak monoton dan lebih interaktif kepada para pesertanya.  

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA