TINGKATKAN EDUKASI PASAR MODAL KSPM FEB UNAIR ADAKAN SEKOLAH PASAR MODAL

 

F:\DCIM\100D5100\DSC_0677.JPG

Surabaya, 04 Mei 2019

GIBEI NEWS - Dunia investasi khususnya saham dan reksadana semakin lama semakin diminati oleh masyarakat luas, oleh karena itu edukasi dari berbagai elemen lembaga pasar modal, investor, dan praktisi pun perlu dimarakkan dan ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan mengadakan Sekolah Pasar Modal (SPM) untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih mendalam tentang apa itu pasar modal beserta produk-produk di dalamnya.

Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FEB Unair sebagai pihak penyelenggara acara SPM kali ini membuka pendaftaran peserta seminar dari seluruh kalangan, tidak terkecuali usia tua dan muda. Acara SPM kali ini diadakan pada Sabtu, 04 Mei 2019 bertempat di Aula Mindrowo Lt. 4 FEB Unair. Acara pun dimulai pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh kedua MC, yaitu Purbo Raharjo dan Metta dan diikuti oleh pembukaan dan kata sambutan dari Ketua Pelaksana SPM, yaitu Fary dan Dosen Manajemen Investasi Bapak Rahmat Heru.

Tidak lupa panitia penyelenggara SPM mengundang beberapa pembicara professional dan kompeten, yaitu Bapak Dyan Fajar Mahardika selaku Executive Trainer BEI Kantor Perwakilan Jawa Timur untuk mengisi materi sesi I yaitu pengantar pasar modal dan bagaimana mekanisme perdagangan di bursa efek dan Bapak Edi Murdiono selaku Marketing Officer Indo Premier Sekuritas untuk mengisi materi sesi II. Penyampaian materi yang diberikan oleh Bapak Fajar berlangsung kurang lebih 100 menit. Terlihat banyak peserta yang begitu antusias dalam  sesi penyampaian materi sesi I tersebut, dengan bertanya dengan rasa ingin tahu yang amat dalam. Salah seorang peserta bernama Dionisius ikut aktif bertanya terkait mekanisme perdagangan di bursa efek. Bagi peserta yang ikut aktif bertanya diberikan hadiah bingkisan oleh panitia penyelenggara. Setelah sesi I selesai, panitia penyelenggara pun memberikan plakat kepada Bapak Fajar sebagai tanda terimakasih sudah bersedia menjadi pembicara.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Ishoma (istirahat, shalat, dan makan) pada pukul 11.35 – 12.35. Para peserta pun ada yang bergegas keluar untuk mengambil konsumsi untuk makan dan juga shalat. Setelah sesi ishoma berakhir, masuklah ke sesi materi II yang diberikan oleh Bapak Edi Murdiono tentang simulasi trading di aplikasi Indo Premier, bagaimana terkait cara orderbook dan transaksi jual-beli saham, serta tidak lupa mengenalkan fitur-fitur di dalam aplikasi IPOT. Sesi mataeri II juga berlangsung selama 100 menit dengan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Tampak di sesi ini peserta yang aktif bertanya lebih banyak daripada sesi I karena lebih menekankan simulasi trading dan praktiknya ketimbang teorinya.

Sampailah kita ke akhir acara, yaitu pemberian plakat kepada Bapak Edi dan juga foto bersama seluruh panitia dengan pembicara dan juga Bapak Rahmat Heru selaku Dosen Manajemen Investasi.

Hits 735