Padjajaran Accounting Competition (PAC) merupakan salah satu dari dua kompetisi dalam rangkaian kegiatan Padjajaran Accounting Week (PAW) 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran Bandung. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 16 November 2018. Kedua kompetisi PAW 2018 yakni Padjajaran Accounting Competition (PAC)  dan International Conferrence (IC) dilaksanakan di Universitas Padjajaran Bandung tepatnya di kampus Dipatiukur bukan di kampus Jatinangor dikarenakan jangkauannya yang terlalu jauh oleh para peserta. Rangkaian kompetisi PAC ini diawali dengan babak preliminary online dimana setiap tim yang telah mendaftar akan diberikan lima soal berbentuk isian hitungan yang cukup panjang. Peserta yang berkesempatan berjuang kembali di Universitas Padjajaran adalah 25 tim terbaik berdasarkan akumulasi jawaban prelim atau Top 25. Dua tim dari Universitas Airlangga yang melaju ke top 25 adalah tim Next S.A (Nanda Marga, Mega Nur, Vivi Ayu dari Akuntansi 2015) serta tim Jawara (Ryan Hadi, Nadya Baritsa, Natalia Feronica dari Akuntansi 2016).

Top 25 tim akan dihadapkan pada tiga babak lanjutan yaitu : Elimination Round, Semifinal dan Final Round. Namun sebelum melalui ketiga babak tersebut, para peserta diberikan Diskusi Panel yang menghadirkan tokoh – tokoh terkemuka yang akan menjadi narasumber dalam tema “Generations that create worlds establishment” dengan pembahasan tiga sub yaitu : Green Accounting, Carbon Tax dan Sustainable Development Goals. Babak elimination round terbagi atas empat tahapan yaitu beat to win, me after you, match your card dan rush minute. Inti dari seluruh tahapan tersebut adalah pengerjaan soal – soal akuntansi dalam individu dan kelompok baik bersama maupun berbentuk estafet dan tentunya dengan berbagai modifikasi dan tantangan – tantangan.

Hari berikutnya yakni pada Kamis, 15 November 2018 diumumkan top 12 tim yang akan melanjutkan perjuang pada babak semifinal round. Top 12 tim terdiri dari 2 tim UI, 2 tim STAN, 2 tim Trisakti School of Management, 1 tim UNAIR, 1 tim UGM, 2 tim Univ Multimedia Nusantara dan 2 tim UBAYA. Tim Universitas Airlangga yang masuk ke babak selanjutnya adalah tim Next S.A. Pada babak semifinal dibagi atas 4 pool yang berisi 3 tim untuk bertanding. Tim UNAIR masuk pool 1 yang artinya harus bertanding melawan STAN dan UBAYA. Pada babak ini terdiri atas 3 tahapan yang disebut “3 B Accounting” membutuhkan kerjasama tim dan kecepatan menghitung serta menjawab soal – soal baik yang bersifat wajib maupun berebut. Pada babak ini nilai diakumulasikan dari 3 tahapan dan diambil lima tim terbaik yang akan melanjutkan ke babak Final round. Namun tim UNAIR belum berhasil melaju ke babak selanjutnya.

Babak final round, top 5 akan dihadapkan pada problem solving dan presentasi. Hari esok yakni Jumat, kegiatan PAW diisi dengan kegaiatan yang bertujuan untuk mengakrabkan para peserta baik PAC dan IC yang berasal dari berbagai Universitas dan asal daerah. Acara terakhir yakni gala dinner sekaligus sebagai awarding dan closing ceremony diselenggarakan di Royale Hotel Bandung.

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA