TED merupakan sebuah acara tahunan yang menyatukan para pemikir dan pelaku dunia terkemuka untuk berbagi gagasan yang penting dalam disiplin apa pun — teknologi, hiburan, desain, sains, humaniora, bisnis, dan pengembangan, misalnya. Dalam semangat ”ideas worth spreading," TED akhirnya membentuk TEDx, sebuah self-organized local event yang menyatukan banyak orang untuk berbagi pengalaman, seperti pada TED. 

TEDx merupakan sebuah konferensi yang menghadirkan pembicara yang telah terkurasi untuk sama-sama berbagi cerita yang inspiratif dari mereka. Dalam event ini, pembicara menerjemahkan ide-ide kompleks menjadi ide-ide yang lebih sederhana sehingga dapat dengan mudah dicerna dan dipahami oleh audiens yang lebih luas. TEDx kemudian diharapkan bisa menjadi wadah ataupun forum lokal bagi ide-ide dalam komunitas yang dapat menginspirasi banyak orang untuk mengubah hidup, masa depan, dan dunia mereka menjadi lebih baik. Berdasarkan hal tersebut, TEDxUniversitasAirlangga 2020 akhirnya hadir sebagai event TEDx yang pertama di Universitas Airlangga dan bertujuan untuk berbagi ide dan motivasi inspiratif, kreatif, serta inovatif di bawah semangat ideas worth spreading.

Acara TEDxUniversitasAirlangga kali ini akan diadakan secara online. Selain acara online tersebut TEDxUniversitasAirlangga juga memiliki sub event bernama “Call for
Essay”. Event ini dilaksanakan sebagai rangkaian awal kegiatan TEDxUniversitasAirlangga. “Call for Essay” tersebut ditujukan untuk semua orang yang memiliki gagasan dan ide kreatif sesuai tema, yakni Reversing the Stereotype. 

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC lalu disusul dengan menyanyikan lagu Hymne Airlangga dan Indonesia Raya. Setelah itu, akan terdapat sambutan dari ketua panitia maupun ketua BEM FEB 2020. Dalam acara ini, setiap video yang nantinya ditampilkan diambil langsung oleh panitia Event Videography TEDxUniversitasAirlangga. Acara TEDxUniversitasAirlangga akan diadakan dalam beberapa sesi kegiatan. 

Pada sesi pertama, akan terdapat proses penayangan video yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau QnA dengan pembicara pertama berdasarkan arahan dari moderator. Setelah sesi acara pertama selesai, akan terdapat ice breaking yang bertujuan untuk menenangkan serta membuat suasana lebih nyaman dan hype. Ice Breaking ini akan berupa games Gartic dimana panitia akan menggambar sesuatu dan peserta akan menebaknya. Selanjutnya, penayangan video dari pembicara kedua akan dilakukan dan diakhiri dengan sesi istirahat (ishoma). Pada sesi kedua, acara akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau QnA bersama pembicara kedua yang dipandu oleh moderator. Kemudian, acara dilanjutkan dengan ice breaking kembali serta penayangan video dari pembicara ketiga dan sesi tanya jawab atau QnA dengan pembicara ketiga oleh moderator. Sebelum masuk ke penayangan video dari pembicara keempat, akan terdapat sebuah games menggunakan “Kahoot” untuk menguji fokus peserta. Setelah sub kegiatan tersebut berakhir, acara akan dilanjutkan dengan pemutaran video dari pembicara keempat, sesi tanya jawab atau QnA dan penutupan acara oleh MC.

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA