Surabaya- Sabtu, 13 April 2019 di Aula Soepoyo, telah diadakan program kerja bertajuk “Strategic Sponsorship” (SS) oleh Departemen Hubungan Luar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR). Acara Strategic Sponsorship mengambil tempat di Aula Soepoyo FEB UNAIR.

 

Strategic Sponsorship tahun ini merupakan strategic sponsorship ketiga yang telah dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FEB melanjutkan dan mengembangkan program dari BEM FEB periode sebelumnya. Menitikberatkan kepada pelatihan public speaking dan pengajuan sponsorship, acara ini memprioritaskan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) sebagai pesertanya, khususnya Divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS) Organisasi Mahasiswa di FEB UNAIR. Meskipun terbatas dalam hal peserta -tidak dibuka untuk umum, SS menghadirkan pembicara-pembicara profesional yang sudah berpengalaman dalam bidangnya yakni, Adinda Putri (News Presenter dan anggota Paguyuban Duta Universitas Airlangga), Rizky Supriyadi, S.E., Ak., M.B.A. (Direktur PT. Graha Mukti Indah Group), Umi Rodiyah (Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan dan Bisnis Bank JATIM), dan Suranto S.T. (Kepala Divisi Pemasaran PT. SIER). Melalui acara SS, peserta diharapkan memperoleh gambaran mengenai alur sponsorship yang baik dan tips-tips mendapatkan sponsorship dengan merancang strategi yang matang, serta peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan baik saat menjalani program kerja masing-masing maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengambil konsep talkshow dan rally game, SS mengawali acaranya dengan pemaparan materi yang interaktif oleh Adinda Putri, News Presenter dan anggota Paguyuban Duta UNAIR, mengenai pentingnya teknik public speaking dalam berkomunikasi baik di lingkungan kampus, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang, peserta diajak untuk melatih kemampuan public speaking dengan simulasi menjadi seorang presenter berita. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow, dengan moderator oleh Christian Arie Rotty dan oleh pembicara, Rizky Supriyadi selaku Direktur PT. Graha Mukti Indah Group, Umi Rodiyah selaku Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan Bank JATIM, dan Suranto sebagai Kepala Divisi Pemasaran PT. SIER. Dengan berjalannya talkshow, peserta dapat mencatat mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengajuan sponsorship, tips and trick dalam menarik minat perusahaan agar memberikan sponsorship, maupun sudut pandang perusahaan sebagai penerima pengajuan sponsorship.

 

 

Setelah talkshow, acara dilanjutkan dengan rally games. Dimana, peserta dari seluruh ORMAWA membentuk sejumlah kelompok dan bekerjasama untuk membuat sebuah Program Kerja (Proker). Cukup berbeda dari tahun sebelumnya, setiap kelompok memiliki suatu indikator keberhasilan yakni sejumlah nominal uang yang telah ditargetkan oleh panitia penyelenggara acara SS. Bergiliran, kelompok-kelompok tersebut harus mengunjungi 4 pos perusahaan yang berbeda dan berusaha untuk meyakinkan pos perusahaan tersebut untuk memberikan sponsor berupa nominal uang ataupun barang. Menariknya, masing-masing pos dipegang oleh pembicara talkshow, sehingga peserta dapat memahami secara langsung alur sponsorship dengan adanya simulasi pengajuan sponsorship ini. Di akhir sesi pengajuan sponsorship, para pembicara akan mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peserta- pengaju sponsorship.

Mengenai apa yang diharapakan setelah Strategic Sponsorship ini dilaksanakan, Andrew Alvaro Harun -penanggung jawab acara Strategic Sponsorship, menjelaskan “Seluruh anggota Divisi HUMAS Organisasi Mahasiswa yang ada di FEB tergabung dalam suatu ikatan Eksternal ORMAWA FEB. Maka dari itu, dengan adanya Strategic Sponsorship diharapkan SS tidak hanya menjadi wadah bagi seluruh anggota Divisi HUMAS ORMAWA FEB untuk meningkatkan skill public speaking dan pengajuan sponsorship, namun juga untuk mengenal satu dengan yang lain, bekerjasama, dan selaras dalam membangun citra fakultas kebanggaan kami, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga”- mengingat bahwa Divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS) merupakan garda terdepan untuk membahwa nama fakultas ke pihak-pihak eksternal.

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA