PELEPASAN MAHASISWA MBKM PROGRAM SASRABAHU DAN PERMATA MERDEKA FEB UNAIR, ANGKATAN 1 - SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 07 Agustus 2021

(FEB NEWS) Jumat, 6 Agustus 2021 merupakan hari yang membahagiakan bagi ke-40 Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, yang secara resmi di lepas oleh Dekan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA.

 

(Dekan FEB UNAIR - Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA., dalam acara Pelepasan Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Jumat, 6 Agustus 2021 – Virtual).

 

Wakil Dekan I, Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FEB UNAIR – Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi. menyebutkan dalam sambutannya, bahwa mahasiswa yang mengikuti program inbound terbagi menjadi 2, yaitu: 16 orang mahasiswa masuk melalui Program Sasrabahu dan 35 orang mahasiswa masuk melalui Program Permata Merdeka, yang kesemuanya tersebar dari berbagai Universitas yang ada baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa: 1.) Universitas Sebelas Maret (UNS) - Surakarta, 2.) Universitas Lambung Mangkurat - Banjarmasin, 3.) Universitas Brawijaya - Malang, 4.) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 5.) Universitas Palangka Raya – Kalimantan Tengah, 6.) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), 7.) UPN “VETERAN” JAWA TIMUR - Surabaya, 8.) Universitas Hasanuddin (Unhas) - Makassar, 9.) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) – Jawa Barat, 10.) Universitas Negeri Padang (UNP) – Sumatera Barat, 11.) Universitas Pendidikan Indonesia - Bandung, dan 12.) Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung.

 

Adapun latar belakang program studi asal mahasiswapun juga sangat beragam, yang hampir semua adalah program studi di luar program studi ekonomi bisnis (teknologi pangan, ilmu komunikasi, teknik lingkungan, pendidikan ekonomi, ilmu hukum, sastra cina, ilmu keperawatan (mahasiswa yang masuk dari pintu permata merdeka), dan kedokteran gigi, ilmu ekonomi dan keuangan islam, ilmu komunikasi adalah program studi asal dari mahasiswa yang masuk dari pintu Sasrabahu). Hal tersebut  menurut Wisnu Wibowo, SE., MSi, adalah menunjukkan bahwa program ini adalah program yang mengedepankan tentang kemerdekaan, merdeka untuk menempuh di luar program studi dan di luar universitasnya.

 

(Wakil Dekan I, Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FEB UNAIR - Wisnu Wibowo, SE., MSi., dalam acara Pelepasan Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Jumat, 6 Agustus 2021 – Virtual).



Lebih lanjut, Wisnu Wibowo, SE., MSi. Menjelaskan bahwa menempuh pendidikan di FEB UNAIR, ternyata tidaklah mudah, dimana menurut Wisnu Wibowo, SE., MSi, bahwa dari 51 siswa yang masuk, tidak semuanya bisa berhasil menyelesaikan kegiatan proses pembelajaran di FEB UNAIR karena hanya 40 orang yang berhak memperoleh sertifikat dan penilaian, sebagai bagian dari proses evaluasi yang dilakukan dalam rangka untuk menjaga kualitas proses pembelajaran, dan juga sebagai tujuan untuk meningkatkan pengkayaan dari pada kompetensi dari para mahasiswa.

 

Diakhir sambutannya Wisnu Wibowo, SE., MSi, berharap bahwa ke depan mahasiswa yang masuk program MBKM, untuk bisa lebih berkomitmen penuh dan mengikuti seluruh proses pembelajaran, yang sdh menjadi kesepakat bersama baik itu oleh Mahasiswa itu sendiri, Institusi yang mengirimkan dan institusi yang menerima. Selain itu juga berharap agar program ini bisa meningkatkan silaturahmi keilmuan, silaturahmi sosial, dan juga silaturahmi dalam berbagai aspek yang lain untuk menciptakan keindonesian, kebinekaan, meskipun para mahasiswa datang dari berbagai latar belakang keilmuan, suku bangsa, religi, kepercayaan dan keyakinan untuk mewujudkan Indonesia yg adil dan beradab.

 

Dekan FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA., melihat bahwa meskipun program ini merupakan program angkatan pertama, namun bagi Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA. program ini telah berjalan efektif.  Keberagaman latar belakang keilmuan juga melihat dari asal universitas para mahasiswa, menunjukkan bahwa memang mahasiswa diberikan kebebasan untuk menambah keilmuannya, menambah ketrampilan soft skill nya sehingga bisa menjadi manusia yang unggul dalam sumber daya manusia Indonesia. FEB UNAIR turut bangga, telah mentorehkan tinta sebagai bagian dari  perjalanan meraih cita-cita para mahasiswanya (lulusan mahasiswa MBKM) dan dengan mengucapkan kalimat Basmalah juga dengan rasa syukur yang paling dalam (atas keberhasilan mereka dalam menempuh pendidikan mereka selama 1 semester secara luar biasa di FEB UNAIR), secara resmi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga melepas ke-40 Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 untuk kembali ke Fakultas/Universitas asal masing-masing.

 

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA., bahwa silaturahmi tidak akan berhenti sampai di situ saja namun tetap terjalin selamanya, mereka telah menjadi bagian dari FEB UNAIR, telah menjadi bagian dari civitas academika FEB UNAIR, dan FEB UNAIR akan menunggu mereka untuk selalu bisa bergabung kembali di dalam setiap event yang lain sehingga akan tetap mengingat Universitas Airlangga untuk secara bersama-sama dalam mencapai sumber daya manusia unggul di indonesia.

 

Setelah secara resmi melepas mereka, Dekan FEB UNAIR juga mengumumkan penghargaan untuk Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, yang terbaik, yang diraih oleh Saudara Fadjar Al Haidar dengan 2 (dua) kriteria yaitu: 1.) Berdasarkan keragaman mata kuliah yang diambil, dan 2.) Berdasarkan capaian prestasi yang diperoleh.

(Fadjar Al Haidar – Mahasiswa terbaik Program MBKM Angkatan 1, bersama Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 dalam acara Pelepasan Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Jumat, 6 Agustus 2021 – Virtual).



Suasana menjadi lebih meriah, ketika Captain e-learning FEB UNAIR - Noven Suprayogi, SE.,M.Si.,Ak., membawakan sesi survei kepuasan dengan mentimeternya. Sebagian besar mahasiswa memberikan kesan “Keren, Menyenangkan dan Mantap” selama mereka kuliah di FEB Unair, dan 56% dari mahasiswa yang mengikuti survei memilih bahwa mengikuti proses pembelajaran di FEB UNAIR “Sangat Memperkaya Kompetensi” mereka. Selain survei kepuasan Noven Suprayogi, SE.,M.Si.,Ak. juga menyuguhkan kuis kahoot dengan hadian e-money sebesar 200 ribu, untuk 5 orang pemenang. 

(Captain e-learning FEB UNAIR - Noven Suprayogi, SE.,M.Si.,Ak. Bersama dengan survei kepuasan mentimeternya dan kuis Kahoot, dalam acara Pelepasan Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Jumat, 6 Agustus 2021 – Virtual).

 

Para Koordinator Program Studi S1 FEB UNAIR, juga tidak mau kalah, mereka dan di akhir sesi, juga menitipkan pesan terbaiknya buat para lulusan mahasiswa MBKM Program Sasrabahu dan Permata Merdeka Angkatan 1.




(No. 5, 6, 7, 9 dari kiri ke kanan: Koordinator Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan - Rumayya, S.E.,M.Reg.Dev.,Ph.D., Koordinator Program Studi S1 Manajemen - Dr. Dien Mardhiyah, S.E.,M.Si., Koordinator Program Studi S1 Akuntansi - Alfiyatul Qomariyah, S.Ak.,M.BA.,Ph.D., Sekretaris Program Studi S1 Ekonomi Islam - Sylva Alif Rusmita, SE.,CIFP., dalam acara Pelepasan Mahasiswa MBKM Program Sasrabahu Dan Program Permata Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), Angkatan 1, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Jumat, 6 Agustus 2021 – Virtual).



Koordinator Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan - Rumayya, S.E.,M.Reg.Dev.,Ph.D. : “Jangan Kapok ya…, merantaulah cari ilmu, mencari teman yang baru. Isnya Alloh anda akan menjadi orang yang lebih bijaksana, lebih cerdas, lebih banyak temannya”.

 

Koordinator Program Studi S1 Manajemen - Dr. Dien Mardhiyah, S.E.,M.Si., “Jangan sungkan-sungkan untuk tetap bergabung kembali dengan FEB UNAIR, khususnya manajemen. Banyak hal yang akan anda temui dalam perjalanan, ambil yang baik, buang yang tidak bagus. Ambilah positifnya. Selama kalian bisa mengambil sisi positifnya kalian akan menjadi orang yang sukses”.

 

Koordinator Program Studi S1 Akuntansi - Alfiyatul Qomariyah, S.Ak.,M.BA.,Ph.D., Selamat, karena sudah menyelesaikan proses pembelajaran di FEB UNAIR dengan sangat baik, dan akan selalu terbuka bagi mahasiswa MBKM bila ingin menghubunginya untuk studi lebih lanjut.

 

Sekretaris Program Studi S1 Ekonomi Islam - Sylva Alif Rusmita, SE.,CIFP., Selamat dan berterima kasih, telah memilih S1 Ekonomi Islam. Perpisahan bagi seorang Sylva Alif Rusmita, SE.,CIFP adalah “Bagaikan Matahari, ketika terbit dia akan memberikan kehangatan dan ketika berpisah dia akan memberikan keindahan”.

 

Selamat Jalan, wahai Kesatria Airlangga. Meskipun hanya berkesempatan menempuh 1 semester pembelajaran di FEB UNAIR, engkau adalah bagian dari kami, Engkau adalah bagian dari Civitas Academika FEB UNAIR.

 

Salam dari kami !

 

FEB SATU

UNAIR HEBAT

Excellence With Morality untuk Indonesia



DIWL

Hits 158

FEB UA