DJKN GOES TO CAMPUS

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 11 Jun 2021

(FEB NEWS) Kamis, 10 Juni 2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) menggelar acara DJKN Goes To Campus, secara hybrid dengan Tema “Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional”, merupakan kerjasama antara Universitas Airlangga (dalam hal ini adalah FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA sebagai TUAN RUMAH dan FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS AIRLANGGA (FH UNAIR)) dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) – Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

 

Hadir dalam acara tersebut, Tugas Agus Priyo Waluyo – Ka Kanwil DJKN Jawa Timur beserta jajarannya, Koordinator Program Studi Magister Hukum Kenohtariatan - Dr. Indira Retno Atyantie, SH., M.H. juga beberapa tamu undangan juga mahasiswa mahasiswi dari Program Sarjana, Magister juga Doktor baik dari FEB UNAIR dan FH UNAIR dan disambut dengan baik oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA.

 

(Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA – Dekan FEB UNAIR, dalam menyampaikan Keynote Speech pada Acara : DJKN Goes To Campus dengan Tema “Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional”, pada Kamis, 10 Juni 2021, di Aula Fadja Notonagoro, FEB UNAIR, Lantai 2).


Tugas Agus Priyo Waluyo – Ka Kanwil DJKN Jawa Timur dalam Opening Speechnya mengucapkan terima kasih telah menerima DJKN Goes To Campus dan memperkenalkan bahwa DJKN adalah salah satu unit eselon 1 di lingkungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia, DJKN dalam menjalankan tugasnya mengemban tugas dibidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Pelayanan Lelang, Pelayanan Penilaian dan Pengurusan Piutang Negara. 

 

(Tugas Agus Priyo Waluyo – Ka Kanwil DJKN Jawa Timur dalam menyampaikan Opening Speech pada Acara : DJKN Goes To Campus dengan Tema “Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional”, pada Kamis, 10 Juni 2021, di Aula Fadja Notonagoro, FEB UNAIR, Lantai 2).

 

Dalam hal pelayanan lelang, untuk saat ini DJKN sudah sepenuhnya melaksanakannya secara online yaitu melalui portal Lelang Indonesia dengan alamat lelang.go.id. Kalau dahulu pelaksanaan pelayanan lelang masih dilakukan secara konvensional yaitu ada tatap muka fisik dilaksanakan secara langsung, namun sekarang, mulai dari permohonan lelang sampai dengan pelaksanaan lelang selesai dilakukan sepenuhnya secara online melalui portal Lelang Indonesia. 

 

Tugas Agus Priyo Waluyo menyatakan bahwa dengan transformasinya DJKN secara digital ini, justru banyak ditemui penipuan-penipuan, sehingga menghimbau, agar apabila mendapat informasi, bujukan, rayuan lelang dengan harga yang lebih miring dari pasar, untuk mengikuti lelang dan menyetorkan jaminan lelang, supaya check terlebih dahulu melalui portal Lelang Indonesia, selama tidak diinformasikan di portal Indonesia maka, itu bohong, itu salah. Tugas Agus Priyo Waluyo, mengaku kaget karena yang mengalami korban penipuan juga buka orang-orang yang kurang, dalam pendididkan (mulai dari S1 sampai pelaku bisnis). Untuk itu, Tugas Agus Priyo Waluyo menghimbau agar tidak termakan bujuk rayu tersebut, dan selalu mencheck terlebih dahulu melalui Portal Lelang Indonesia.

 

Lebih lanjut, Tugas Agus Priyo Waluyo menjelaskan bahwa, Wabah Covid 19 sangat mengganggu perekonomian Indonesia, dan sangat berdampak pada UKM-UKM Indonesia, oleh karena itu Kementerian Keuangan RI mengamanatkan pada seluruh unit eselon 1-nya, yang salah satunya DJKN untuk berpartisipasi aktif dalam pemulihan Ekonomi Nasional. 

 

Partisipasi DJKN antara lain adalah melakukan lelang-lelang produk-produk UKM, banyak memberikan diskon-diskon untuk pelunasan hutang (50% - 60 %) tergantung dari tanggal-tangal pelunasan hutang di Tahun 2021. Kegiatan ini dimaksudkan sebagi bentuk sinergi keberadaan DJKN di Jawa Timur, sehingga harapannya agar UKM-UKM, Debitur-debitur di Wilayah Jawa Timur, bisa segera melunasi hutangnya, bangkit perekonomiannya, dan pada akhirnya DJKN bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah yang masyarakatnya sangat maju. Diakhir pidato, Tugas Agus Priyo Waluyo berharap agar DJKN Goes To Campus ini, bisa dimanfaatkan dengan baik, dan bisa menambah wawasan adek-adek mahasiswa dan semua yang hadir dan pada akhirnya bisa berkontribusi bagi negeri.

 

(Ahid Iwanudin - Kepala Bidang Lelang. Kanwil DJKN Jatim dalam menyampaikan materinya pada Acara : DJKN Goes To Campus dengan Tema “Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional”, pada Kamis, 10 Juni 2021, di Aula Fadja Notonagoro, FEB UNAIR, Lantai 2).

 

Acara yang digelar tidak hanya memberikan materi tentang Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional oleh Kepala Bidang Lelang. Kanwil DJKN Jatim - Bapak Ahid Iwanudin, namun juga Simulasi Lelang, yang tentunya semakin menambah keseruan acara DJKN Goes To Campus.

 

(Barang-barang kerajinan UMKM di Bojonegoro yang dijual dalam simulasi lelang, pada Acara : DJKN Goes To Campus dengan Tema “Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional”, pada Kamis, 10 Juni 2021, di Aula Fadja Notonagoro, FEB UNAIR, Lantai 2).

 

(Situasi antusias para mahasiswa juga tamu undangan dalam Simulasi Lelang, pada Acara : DJKN Goes To Campus dengan Tema “Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian Nasional”, pada Kamis, 10 Juni 2021, di Aula Fadja Notonagoro, FEB UNAIR, Lantai 2).

 

Salam dari kami tuk semua “Ksatria Airlangga” 

FEB – SATU

UNAIR HEBAT

 

diwl

Hits 133

FEB UA