DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 30 April 2021

“DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021” yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi (DJPb) Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtas Airlangga (FEB UNAIR) , Jumat, 30 April 2021, bertempat di Aula Fadjar Notonagoro, Lantai 2 FEB UNAIR, yang diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring), dihadiri secara online oleh lebih kurang 200 lebih mahasiswa baik dari Program Sarjana, Magister dan Doktor, dan juga beberapa tamu undangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur.

Melalui acara Diseminasi Kajian Fiskal Regional Jawa Timur Tahun 2020 ini , diharapkan bisa diperoleh informasi, melakukan evaluasi, melakukan kajian, dan juga hasil pelaksanaan diseminasi akan menjadi input bagi penyempurnaan penyusunan kebijakan fiskal baik di tataran pusat maupun di tataran regional di Provinsi Jawa Timur.

Dekan FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia., S.E., M.Si., Ak., CMA., CA. selaku tuan rumah menyampaikan bangga dan sangat senang atas terselenggaranya acara ini sebagai wujud kerjasama antara Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan FEB UNAIR.  Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA., juga mengharapkan agar kerjasama tidak hanya kali ini saja, namun bisa terus selalu bersinergi dan berkolaborasi melakukan kegiatan-kegiatan yang sangat positif di masa pandemi. 

(Dekan FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia., S.E., M.Si., Ak., CMA., CA. dalam sambutannya pada acara “DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021”, Jumat, 30 April 2021).

 

Lebih lanjut, Prof. Dr. Dian Agustia., S.E., M.Si., Ak., CMA., CA., menyampaikan bahwa Diseminasi Kajian Fiskal Regional (KFR) Jawa Timur Tahun 2020, DJPb Kantor Wilayah Jawa Timur, diselenggarakan sebagai salah satu bentuk upaya untuk menyamakan persepsi dan menata strategi, terutama dari sisi kebijakan fiskal agar perekonomian Indonesia bisa segera bangkit pada tahun 2021.

Hadir selaku Keynote Speaker, Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan – Kementrian Keuangan RI - Sudarso, M.M., yang menguraikan tentang kondisi Indonesia secara keseluruhan berkaitan dengan aspek fiskal.  Sudarso, M.M.  menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini yang merupakan kerjasama antara DJPb Kantor Wilayah Jawa Timur dengan FEB UNAIR, dan sangat menyambut baik, kerjasama dengan dunia akademis, sebab menurut Sudarso, M.M., akan banyak diperoleh masukan, feedback dari lingkungan akademisi, sebagai upaya perbaikan dalam perumusan kebijakan, sehingga harapannya adalah bahwa kebijakan – kebijakan fiskal yang akan ditetapkan  oleh pemerintah, akan lebih fit, lebih proper dengan kondisi di lapangan. 

(Keynote Speaker, Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan – Kementrian Keuangan RI - Sudarso, M.M., pada acara “DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021”, Jumat, 30 April 2021).

 

Sudarso, M.M., berharap dengan adanya kegiatan diseminasi  akan bisa diperoleh, banyak informasi, banyak analisa, banyak diskusi, termasuk rekomendaasi dan saran yang sangat berarti guna perbaikan triwulan ke depan, karena menurut Sudarso, M.M., kinerja triwulan I di 2021 merupakan suatu posisi atau suatu momentum yang sangat penting dalam meletakkan landasan yang kokoh/kuat guna mengarungi tahun anggaran 2021, yang mana kebijakkan fiskal di 2021 adalah untuk percepatan penangan pandemi covid dan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Selain dari itu, Sudarso, M.M., menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, juga diharapkan mampu memberikan gambaran utuh kepada civitas akademika atas kebijakan dan effort pemerintah dalam bidang fiskal demi memberikan dampak yang optimal bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Hadir juga selaku pembicara dalam acara ini, yaitu : 1.) Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur – Bapak Dedi Sopandi, yang diwakili Bpk. Hari Winarno, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran (PPA) II - Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur; 2.) Regional Economist Mitra Kanwil DJPb juga Dosen FEB UNAIR - Dr. Rudi Purwono.

Dalam paparan materinya, Hari Winarno menyampaikan tentang kondisi fiskal Indonesia dan juga Jawa Timur  yang dalam tahun 2020, memang mengalami penurunan akibat kondisi yang diluar dugaan, dimana kondisi tersebut merupakan kondisi global yang memberikan dampak serius pada perekonomian Indonesia maupun Jawa Timur. Namun demikian, langkah-langkah telah diambil oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Timur sebagai upaya tetap mempertahankan kondisi fiskal dan juga upaya mengakselerasi perekonomian, supaya berjalan sebagaimana mestinya.

(Pemateri pertama, Hari Winarno, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran (PPA) II - Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, pada acara “DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021”, Jumat, 30 April 2021).

 

Sementara itu, Dr. Rudi Purwono, dalam materinya memberikan penjelasan tentang keterkaitan pemanfaatan fiskal yang ada, untuk mengakselerasi kaitan dengan upaya menjalankan atau mempertahankan kondisi 2020, sebagai akibat dari pandemi covid 19, baik itu dalam upaya mitigasi berkaitan dengan masalah kesehatan juga langkah-langkah apa saja, yang perlu dilakukan oleh pemerintah jawa timur dalam upaya menjaga akselerasi ekonomi. 

(Pemateri ke-2, Regional Economist Mitra Kanwil DJPb juga Dosen FEB UNAIR - Dr. Rudi Purwono., pada acara “DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021”, Jumat, 30 April 2021).

Semoga diskusi dan forum yang dilaksanakan pada hari ini berlangsung produktif dan bermanfaat bagi para peserta khususnya dan bagi masyarakat secara umum.  

(Peserta Acara “DISEMINASI  KAJIAN  FISKAL  REGIONAL  TAHUN 2020 DAN PERKEMBANGAN PELAKSANAAN ANGGARAN DI PROVINSI JAWA TIMUR PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2021”, Jumat, 30 April 2021).

Salam dari kami tuk semua Kesatriya Airlangga

FEB – SATU

UNAIR HEBAT

 

diwl

Hits 104