LINTAS FEB VOL. 1 “Serba-Serbi Kuliah Online-Offline” Bersama Wakil Dekan 1 FEB UNAIR

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 24 April 2021

(FEB-NEWS)
Lintas FEB Vol.1, yang diselenggarakan secara online pada Sabtu, 24 April 2021, menurut Presiden BEM FEB UNAIR - Thariq Priatmodjo merupakan kegiatan/program kerja baru yang ada dalam Kabinet Barakarya 2021 di bawah Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (Departemen Adkesma BEM FEB UNAIR) yang berupa berbincang santai dengan pihak civitas akademika.  Dimana “LINTAS” mempunyai kepanjangan dari Lingkaran Civitas Academika FEB UNAIR, yang berbentuk diskusi maupun tanya jawab dengan civitas academika. Dimana harapannya melalui kegiatan ini bisa menjadi wadah maupun penyalur segala pertanyaan, keluhan dan aspirasi dari  mahasiswa FEB UNAIR secara langsung dan transparan. Adapun Tema yang diambil adalah “Serba-Serbi Kuliah Online-Offline”.  Dalam sambutan pengantarnya Thariq Priatmodjo juga menyampaikan pertanyaan dasar dari terselenggaranya acara tersebut, yaitu 1.) Bagaimana pendapat dari bapak-ibu dosen mengenai perkuliahan daring dari rumah masing-masing ? dan 2.) Apakah ada harapan untuk bisa terselenggarannya perlkuliahn secara offline kembali mengingat sudah 1(satu) tahun perkuliahan mahasiswa dilakukan secara online? 

24 Apr 2021

(Presiden BEM FEB UNAIR - Thariq Priatmodjo, dalam sambutannya pada acara LINTAS FEB VOL. 1 “Serba-Serbi Kuliah Online-Offline” Bermasa Wakil Dekan 1FEB UNAIR, Sabtu, 24 April 2021 secara Daring)

 

Acara Lintas FEB Vol.1“Serba-Serbi Kuliah Online-Offline”, diselenggarakan dengan menghadirkan Wakil Dekan I FEB UNAIR - Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi; beserta jajaran akademik dan kemahasiswaan, juga menghadirkan Captain E-Learning FEB Unair - Noven Suprayogi, SE.,M.Si.,Ak.,  Ketua P3M FEB UNAIR - Angga Erlando, SE.,M.Ec.Dev., Presiden BEM FEB UNAIR - Thariq Priatmodjo, Wakil Presiden BEM FEB UNAIR - Andrew Alvaro Harun, BLM, HIMA dan juga perwakilan dari ormawa di FEB UNAIR 2021.

Wakil Dekan I FEB UNAIR - Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi, dalam sambutan pembukaannya menyatakan, tentang komitmen dari FEB UNAIR, untuk menyambut dengan baik setiap ajakan ataupun, event dari mahasiswa baik melali BEM, BLM, HIMA, apalagi bila tujuan dari suatu acara tersebut adalah untuk bagaimana bisa menjalin komunikasi yang produktif bagi sebuah kolaborasi hebat menuju FEB SATU.

H:\47. Acara BEM Lintas FEB\FOTO\WISUDA UNIVERSITAS AIRLANGGA PERIODE MARET 2021 (1).png

(Wakil Dekan I FEB UNAIR - Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi, dalam mengawali sesi tanya jawab bersama perwakilan ormawa FEB UNAIR, pada acara LINTAS FEB VOL. 1 “Serba-Serbi Kuliah Online-Offline” Bermasa Wakil Dekan 1FEB UNAIR, Sabtu, 24 April 2021 secara Daring)

 

Lebih lanjut Wakil Dekan I menjelaskan, jenis-jenis layanan akademik secara online, agar mahasiswa tetap mendapatkan pelayanan akademik, kemahasiswaan secara cepat, tanpa harus ke kampus, selain juga terdapat help desk, yang bisa dihubungi sewaktu-waktu yang membatu mahasiswa bila terdapat kesulitan tentang prosedur, persayaratan dan sebagainya.  Informasi help desk ini sudah terinformasikan secara luas melalui BEM, BLM dll.

Juga termasuk untuk mahasiswa yang menginginkan segera menyelesaikan studi, namun dikarenakan pandemic, telah berdampak masive pada ekonomi keluarga, maka FEB UNAIR menyediakan sebuah aplikasi yang telah dikembangkan dan telah berjalan sejak 3-4 tahun yang lalu (sebelum pandemic), yang bisa diakses oleh mahasiswa senior yang ingin segera maju ujian. Inovasi dari FEB UNAIR ini dinamakan Aplikasi-Sistem Otomasi Pembimbingan dan Pengajaran (SOPP), dan tahun ini, oleh universitas system SOPP melalui Direktorat Sistim Informasi dan Digitalisasi, diadopsi ke dalam Cyber Campus. Sehingga FEB UNAIR patut berbangga, bahwa dengan jumlah mahasiswa yang begitu banyak dan dengan tuntutan yang tinggi, juga kebutuhan yang cepat dan dinamis telah menjadi salah satu sumber utama inovasi-inovasi dalam kontek tata kelola di level universitas. 

Demikian juga untuk program studi S2, S3 juga profesi, semuanya akan diberikan pelayanan yang sama.  FEB UNAIR tetap akan memastikan percepatan akses terhadap layanan, tetap terjaga. Sehingga tidak ada keraguan sedikitpun dari mahasiswa bahwa situasi pandemic akan mengurangi, baik bentuk maupun wujud, dari layanan kepada mahasiswa. Sekali lagi Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi, menegaskan bahwa, FEB UNAIR mempunyai komitmen yang kuat terhadap percepatan akses layanan di bidang apapun, meski situasi pandemic seperti sekarang ini. Demikian juga dengan di kemahasiswaan ada https://mawa.feb.unair.ac.id, waktu pelayanan tentunya di selenggarakan pada setiap hari kerja.

Lebih lanjut Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi, menambahkan bahwa dalam waktu dekat semua bentuk pelayanan akan ditingkatkan dengan membentuk SOP, untuk melaksanakan berbagai perbaikan tata kelola sebagai orientasi dari Smart Faculty, dengan esensi kecepatan, ketepatan, efektifitas terhadap layanan yang diberikan kepada stakeholder, baik mahasiswa, dosen, tendik, ataupun masyarakat secara keseluruhan. SOP juga akan dipulikasikan dan akan transparat, juga akan ada target waktu dalam penyelesaiannya.

 

Sementara untuk menjawab pertanyaan mahasiswa, apakah perkuliah di semester depan apakah akan diselenggarakan secara luring?, Dr. Wisnu Wibowo, SE., MSi menjelaskan bahwa  FEB UNAIR tetap akan mengkaji terus, mana yang bisa dijadikan suatu kompromi yang idelah : 1.) Mempertimbangkan aspek pencapaian kompetensi mahasiswa/kelulsan; 2.) Memperhatikan aspek perlindungan keamanan kesehatan; 3.) Persiapan infrastruktur, juga persiapan dari pihak – pihak terkait karena mahasiswa FEB UNAIR sebanyak 6000-7000 orang (sehingga displin dari semua pihak, dimasa covid juga perlu diperhatikan).  Sehingga bentuk perkuliahan secara hybrid akan menjadi salah satu opsi terbaik, tapi tentunya dengan syarat dan ketentuan atau pengaturan yang berbeda. Sehingga untuk menyelenggarakan perkuliahan secara luring, maka yang diperlu kan adalah kesiapannya, kondisi ruangan (jendela dll) yang mendukung perkuliahan secara luring, arus keluar masuk harus di atur, ruang transit bagi yang baru datang (tidak langsung bergabung dengan yang lain), yg bisa masuk lift hanya 4 orang, penyemprotan ruangan setelah selesai, kedisiplinan mahasiswa di masa covid, begitu selesai kuliah harus segera pulang dll.

Noven Suprayogi, SE.,M.Si.,Ak. sebagai salah satu tim dari universitas, juga menambahkan, bahwa dari tingkat universitas sedang disusun survey secara menyeluruh baik itu, dosen, mahasiswa juga orang tua, seingga dari data nanti akan ditemukan trend perkuliahan yang dikehendaki oleh masing-masing fakultas, apakah daring, hybrid dsb.

H:\47. Acara BEM Lintas FEB\FOTO\WISUDA UNIVERSITAS AIRLANGGA PERIODE MARET 2021 (4).png

(Captain E-Learning FEB Unair - Noven Suprayogi, SE.,M.Si.,Ak. Dalam sesi tanya jawab bersama perwakilan ormawa FEB UNAIR, pada acara LINTAS FEB VOL. 1 “Serba-Serbi Kuliah Online-Offline” Bermasa Wakil Dekan 1FEB UNAIR, Sabtu, 24 April 2021 secara Daring)

Semoga pandemic segera berlalu, kami sudah rindu tuk bersua dengan saudara-saudaraku.

Salam dari kami tuk semua Kesatriya Airlangga

FEB – SATU

UNAIR HEBAT

FEB UNAIR SMART UNIVERSITY

FEB UNAIR SMART FACULTY

FEB SATU 

UNAIR HEBAT

EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA

(diwl)

Hits 260

FEB UA