afanin husna wisudawan terbaik feb unair

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Memiliki anggota keluarga membutuhkan pengeluaran khusus untuk kesehatan, menginspirasi Wisudawan Terbaik S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga, Afanin Husna dalam menyelesaikan studinya.

"Ayah saya stroke dan adik saya berkebutuhan khusus. Jadi di rumah hanya mama saya yang bekerja, sementara pengeluaran tetap dan bertambah untuk biaya pengobatan ayah dan adik saya. Hal itulah yg menginspirasi saya," ungkap peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) patut dibanggakan yaitu 3,88 ini.

Ia pun mencari literatur terkait ekonomi kesehatan dan menemukan topik yang sesuai dengan apa yang terjadi di keluarga saya.

Meskipun tidak mudah, namun ia memutuskan mengambil topik skripsi multidisipliner. Yaitu Analisis Determinan Catastrophic Health Expenditure (CHE) di Indonesia.

"Bergantung pada ilmu ekonomi kesehatan, CHE merupakan suatu kondisi di mana pengeluaran kesehatan melebihi ambang batas dari total pengeluaran rumah tangga," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa rumah tangga dengan kondisi tersebut seringkali harus berutang, menjual aset, dan banyak lagi lainnya.

β€œMenyusun skripsi ini penuh perjuangan karena topik multidisipliner yang jarang dibahas, jadi saya harus rajin mencari literatur," tutur mahasiswa asal Surabaya itu.

Ia pun memulai dengan membaca skripsi kakak tingkat sejurusan. Meskipun sangat minim data, iapun memutuskan tetap melanjutkan topik ini, apalagi topik mengenai ekonomi kesehatan juga sedang booming, apalagi ada pandemi seperti ini.

"Saya juga diskusi dengan teman teman saya di fakultas kesehatan masyarakat mengenai topik tersebut. Untuk data juga ada kesulitan. Saya meneliti pada level rumah tangga, sehingga harus menggunakan data mikro yang pengolahannya lebih rumit dibandingkan data makro,"urainya.

Kerja keras Afanin akhirnya membuahkan hasil, bahkan topik skripsinya ini ia lanjutkan untuk tesis di program fast track yang diambilnya.



Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Afanin Husna, Wisudawan Terbaik S1 FEB Unair: Kondisi Keluarga Jadi Inspirasi Saya, https://surabaya.tribunnews.com/2020/12/06/afanin-husna-wisudawan-terbaik-s1-feb-unair-kondisi-keluarga-jadi-inspirasi-saya.
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA