Ketua IKA UA yang Dermawan Itu Berpulang

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 01 Mei 2020

 dukacita Haryanto Basoeni 30 April 2020 v3

PIH UNAIR - Universitas Airlangga kembali berduka. Kali ini, UNAIR kehilangan putra terbaiknya pada Kamis malam 30 April 2020. Ialah Drs. Ec. Haryanto Basoeni yang menghembuskan nafas terakhir pada Pukul 17.50 di Ruang ICU Rumah Sakit Darmo Surabaya.

Sosok yang juga sedang menjabat sebagai Ketua Umum PP IKA UA Periode 2017-2021 tersebut merupakan lulusan Fakultas Ekonomi angkatan 1972. Ia juga sempat menjabat sebagai Ketua IKAFE UA periode 2007-2012 dan Ketua I PP IKA UA 2012-2017.

Mengutip pernyataan yang ia ujarkan dalam buku Jejak Alumni UNAIR, sosok Haryanto Basoeni merupakan sosok yang sangat sederhana. Ia tidak pernah bercerita tentang keberhasilan dalam membangun usahanya. Ia juga menegaskan bahwa apa yang sudah ia lakukan belum sebanding dengan banyak pelaku usaha lain. Menurutnya, dalam menjalankan usaha ia hanya bermodal sungguh-sungguh, jujur, dan berbagai kepada orang lain yang membutuhkan.

Pria kelahiran Gresik, 5 Desember 1952 tersebut juga menjadi salah satu alumni UNAIR yang menginisiasi dan menjadi salah satu donatur utama berdirinya Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR. Mengutip pernyataan saat launching pendirian Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR, ia menegaskan bahwa harta yang sesungguhnya dimiliki merupakan harta yang digunakan untuk beramal di jalan Allah SWT.

Kiprahnya memang sangat terasa bagi UNAIR, terkhusus dalam menata dan mengompakkan peran alumni UNAIR dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya dengan hadirnya Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR yang sepenuhnya berdiri berkat dukungan kuat para alumni UNAIR.

Mengenai perannya yang sangat luar biasa selama hidup, Rektor UNAIR Prof. Nasih dalam kesempatan yang berbeda mengatakan bahwa sosok Haryanto Basoeni memiliki kontribusinya dan komitmen kuat untuk bersama jajaran petinggi UNAIR dalam membawa UNAIR setara dengan dengan UI ITB UGM. Terkhususnya dalam bidang alumni.

Selamat jalan, Bpk Drs.Ec Haryanto Basoeni, alumni FE72.

Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wa’fu ‘anhu

Dekan dan seluruh sivitas akademika FEB Unair

http://news.unair.ac.id/2020/04/30/alumni-yang-dermawan-itu-meninggalkan-kita-semua/

Hits 349