Menurut (Oktavia, 2020) Content writer adalah penulis konten professional untuk website atau artikel di internet. Kemampuan yang wajib dimiliki seorang content writer adalah membuat tulisan yang mampu menarik perhatian pembaca dan melakukan riset demi perkembangan konten.

Guna menumbuhkan softskill dan kreativitas mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga dalam bidang kepenulisan digital, HIMA Manajemen Universitas Airlangga merencanakan sebuah program “M-Writing” yaitu program pelatihan untuk mempersiapkan karir menulis digital yang dikemas dalam bentuk workshop. Dengan mengusung tema “Content Writer as a Future Career” diharapkan program ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa khususnya mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga untuk dapat lebih mengenal potensi karir sebagai content writer di masa mendatang dalam bidang kepenulisan digital dan mengembangkan skill dan kreativitas mereka khususnya di masa modern saat ini. Serta dapat menjadi agent of change untuk generasi yang lebih baik.

M-Writing merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh HIMA S1 Manajemen Universitas Airlangga berupa pelatihan untuk mempersiapkan karir menulis digital yang dikemas dalam bentuk workshop dengan kurun waktu pelaksanaan selama satu hari dengan serangkaian acara, penyampaian materi, dan penugasan dalam bentuk content writing dengan tema “Perbandingan Efektivitas Perkuliahan Pada Masa Transisi Online ke Offline” dengan jumlah minimal 2 halaman dan waktu pengumpulan paling lama satu minggu sebagai syarat bagi peserta untuk mendapatkan sertifikat. Pada tahun ini, M-Writing mengusung tema “Content Writer as a Future Career” dimana pembahasan M-writing tahun ini berfokus pada karir masa depan sebagai penulis konten digital.

Pada tahun ini, M-Writing mendukung penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dimana mendukung pembangunan berkelanjutan. Aspek SDGs yang tercakup dalam M-Writing 2022 adalah aspek ke-4 yaitu Quality Education. Kegiatan M-Writing berfokus pada program pendidikan bagi seluruh mahasiswa Universitas Airlangga tanpa terkecuali. Rangkaian acara berisi program pelatihan karya tulis ilmiah dengan mengambil tema “content writing”. Diharapkan dengan adanya aspek SDGs ke-4 mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan seluruh mahasiswa Universitas Airlangga.