Mahasiswa sebagai generasi penerus dan penyambung kehidupan bangsa sekaligus elemen intelektual yang ada dalam masyarakat adalah salah satu pihak yang wajib turut mengemban amanah pembangunan bangsa. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa dituntut untuk kritis mampu terlihat lebih aktif dalam upaya pembangunan nasional. Melalui proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi pula dengan kerja nyata dilapangan.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan terkait dengan hal tersebut, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (HIMA EKIS FEB UNAIR) akan mengadakan acara IQTISHODUNA yang didalamnya terdapat sub - sub acara, yakni iSlamic Economic Olympiad (SEO), International Debate and Call For Paper (IDCFP), Airlangga Iqtishoduna Sharia creative Talks (AISICT). Berikut ini merupakan deskripsi singkat dari ketiga sub acaranya.

A. iSlamic Economics Olympiad (SEO)

iSlamic Economic Olympiad (SEO) adalah kompetisi nasional tingkat SMA/MA sederajat yang meliputi seluruh daerah di Indonesia dengan tema “Enhancing Sharia Economic through Literacy and Competition in Muslim Youth Generation” yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober. Olimpiade ini ditujukan kepada siswa SMA/K/MA dan sederajat di seluruh Indonesia. Setiap tim terdiri dari dua siswa aktif dan harus berasal dari sekolah yang sama.

B. International Debate and Call For Paper (IDCFP)

International Debate and Call for Paper (IDCFP) merupakan salah satu dari serangkaian acara IQTISHODUNA yang ditujukan untuk mahasiswa/i S1/D3 se – Indonesia dengan tema besar yaitu “The Influence of Financial Technology in Estabilishing a Resilient Sharia Digital Economy”. Setiap tim terdiri dari 3 mahasiswa aktif dari universitas yang sama.

C. Airlangga Iqtishoduna Sharia Creative Talks (AISICT)

Airlangga Iqtishoduna Sharia Creative Talks (AISICT) merupakan sub acara baru pada Iqtishoduna 2020 dengan tema “Sharia Economic: The Future Prospect”. Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam menyelenggarakan Airlangga Iqtishoduna Sharia Creative Talks sebagai puncak dari Iqtishoduna 2020 yang didesain untuk meningkatkan penggiat Ekonomi Syariah di Indonesia dengan memberikan ilmu, pengalaman, dan ide tentang apa yang sedang hangat dibicarakan pada ranah ketahanan ekonomi nasional dengan mendatangkan pebisnis handal, pakar Ekonomi Islam, dan religi serta muslim influencer yang dikemas dalam acara Talkshow berskala besar.