Hima Akuntansi mengikuti siaran LIVE “Indonesia Business Forum di TV One”


`


Company Visit 2018 diartikan sebagai kegiatan eksternal Hima Akuntansi FEB Unair yang penuh dedikasi serta harapan untuk masa depan bagi siapapun yang mengikuti setiap detail acara yang ada. Dilaksanakan pada tanggal 11 - 15 September 2018 di tengah besarnya ibukota Indonesia yaitu Jakarta, memiliki makna dan memori yang sangat berarti, setiap persiapan telah dilakukan dan dikemas sebaik mungkin untuk meminimalisir kesalahan dan memaksimalkan esensi serta pengalaman. Dengan memiliki tujuan untuk menambah dan menjalin hubungan kerjasama antar kampus dan perusahaan yang dikunjungi serta memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa.

Pada tanggal 12 September 2018, mahasiswa telah datang di kota Jakarta yang besar ini dengan langsung menuju tujuan yang pertama yaitu kantor wilayah Pemerintahan Bea Cukai Jakarta yang terletak di jalan Merpati, mereka disambut dengan hangat, hiasan khas betawi di kanan-kiri saat menuju tempat pertemuan kami, sekotak kudapan ringan dan tak lupa senyum penuh keramahan. Sesi dimulai dengan sambutan hangat dari Pak Oentarto Gunawan, selaku Kepala Kanwil Kantor Bea Cukai tersebut hingga menuju materi pertama yaitu tentang garis besar tugas dari Bea Cukai dalam pemerintahan serta masyarakat dan juga tips and trick untuk mendaftarkan diri sebagai pekerja di kantor tersebut dan dilanjutkan adanya kuis dan dilanjutkan dengan materi kedua yaitu tentang pengauditan serta pencatatan laporan keuangan di kantor Bea Cukai. Sesi ditutup dengan foto bersama dan pembagian makanan dari Bea Cukai.
Setelah kunjungan hangat di tujuan pertama, dilanjutkan dengan kunjungan yang kedua di perusahaan kebanggaan anak bangsa yang sangat membantu memajukan bangsa Indonesia dengan kontribusi perusahaan mereka, yaitu kantor Go-jek, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang berada di daerah Jakarta selatan, mereka disambut dengan ramah oleh pihak Human Resources, Kak Intan, dari kantor Gojek dengan meregistrasikan diri satu persatu mahasiswa yang akan masuk ke kantor mereka, mulailah mereka memasuki kantor Gojek dengan adanya mini Office Tour, mereka melihat serta merasakan bagaimana auforia dalam bekerja di perusahaan tersebut dan sampailah kami di ruang conference kantor Gojek yang terlihat seperti gedung bioskop dan dimulailah sesi pertama mereka disana yang diisi oleh VP bagian keuangan yang dimana menjelaskan tentang apakah Gojek itu dan bagaimana dampak perusahaan mereka serta tips and trick untuk bergabung di perusahaan mereka dan tidak lupa tentang bagaimana manajemen kerja mereka serta prospek kerja jurusan Akuntansi di perusahaan Gojek. Ditutup dengan sesi tanya-jawab dan juga tea time untuk mencairkan suasana serta menyerap materi yang telah mereka terima dengan perlahan.
Di hari kedua kami di Jakarta pun di mulai, Bank Indonesia adalah destinasi pertama kami di hari kedua dan terletak di Jl M.H. Thamrin. Mereka langsung terkagum saat melihat kantor Bank Indonesia yang sangat megah dan luas. Seusai turun dari bus, mereka berjalan menuju gedung A Kantor Bank Indonesia, sesampainya disana mereka disambut dengan hangat oleh Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Mereka mendapatkan 2 materi, yang pertama yaitu materi mengenai bank sentral, setelah mendapatkan materi itu kami semua menjadi lebih paham mengenai tugas dan peran bank sentral. Materi kedua yaitu Operasi Moneter yang disampaikan perwakilan dari bagian keuangan Bank Indonesia. 

Setelah materi kedua, kami diajak berkeliling kantor Bank Indonesia yaitu tepatnya ke gedung B. Di dalam gedung itu terdapat visitor room yang berisi banyak informasi mengenai Bank Indonesia. Selanjutnya, setelah tour di Bank Indonesia mereka melanjutkan kunjungan berikutnya ke kantor Kementrian BUMN yang tertelak di Jl Merdeka Selatan. Kunjungan di Kementerian BUMN mematahkan stigma kami mengenai kantor pemerintahan yang kaku dan birokratis. Mereka menyambut dengan penuh keramahan. Dijelaskan pula bahwa system di kantor Kementerian BUMN sudah mengikuti perkembangan zaman yang canggih dan inovatif, penuh dengan tuntutan kreativitas. Nampaknya Kementrian BUMN sedang mengadakan recruiting besar-besar tahun ini. Setelah menjelaskan mengenai career overview, sesi dilanjutkan dengan sesi mengenai system keuangan di Kementerian BUMN.

Setelah mengunjungi Kementerian BUMN, di malam hari mereka pergi ke studio TV-One yang terletak di Gedung Angkasa Pura di daerah Merpati. Berbeda dengan kunjungan-kunjungan lainnya, mereka pergi ke studio TV-One bukan untuk mendapatkan materi melainkan untuk ikut terlibat dalam siaran LIVE pada acara Indonesia Business Forum yang membahas mengenai kenaikan pajak impor. Sebelum acara dimulai, mereka mendapatkan breefing singkat dari Kak Ano, perwakilan di sana. Ada 5 narasumber yang hadir pada saat itu yaitu Ngakan Antara selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Hestu Yoga Saksama selaku Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Direktorat Jenderal Pajak, Sinta Widjaja selaku Wakil Ketua APINDO , Rizal Ramli selaku ekonom senior dan Wilgo Zainar selaku anggota komisi IX DPR RI .
Pada acara yang terdiri dari 4 segmen tersebut, mereka mendapatkan pengalaman luar biasa melihat dan mendengarkan secara langsung pendapat dari para ahli dan penjabat mengenai kebijakan tarif pajak. Dari yang biasanya hanya belajar mengenai perpajakan secara teoritis di bangku kuliah, mereka mendapatkan kesempatan luar biasa mengetahuinya secara langsung dari para ahli. Acara yang dibawakan oleh Brigita Manohara ini Nampak seru dan menarik.

Dua hari sudah mereka melangkahkan kaki, menjelajah Jakarta dan hiruk pikuknya. Menimba ilmu, memperluas pengetahuan, menambah pengalaman tentang beberapa perusahaan di Jakarta. Di hari ketiga, mereka mengunjungi 2 perusahaan yang tak kalah besar. Pertama adalah PT Prudential Life Assurance. Kemudian serombongan langsung bergegas ke PT Prudential. Di sana, mereka disambut hangat oleh Bu Eva, perwakilan PruUniversity. Beliau menjelaskan secara singkat mengenai organisasi, struktur organisasi dan career path di PT Prudential. Lalu dilanjutkan oleh teman beliau mengenai pengetahuan dasar dan produk unggukan PT Prudential. Setelah itu, perwakilan dari bagian keuangan, menjelaskan secara singkat mengenai sistem keuangan di sana. Singkat, menarik, dan penuh dengan pengetahuan baru, itulah yang mereka dapat di sana.
Setelah itu kegiatan mereka lanjutkan dengan perjalanan ke KAP Deloitte yang terletak di Plaza Indonesia. Sungguh pengalaman luar biasa bisa diberi kesempatan melakukan kunjungan di sana. Mereka disambut dengan senyum hangat dan penuh dengan profesionalitas. Kemudian mereka bertemu dengan Pak Richard, alumni Akuntansi Universitas Airlangga yang sukses menempuh karir di KAP Deloitte, bahkan telah menjadi partner dari KAP Deloitte. banyak hal yang mereka pelajari, mulai menenai KAP Deloitte itu sendiri, keunggulannya, struktur organisasi, career path, internship path, dan tips dan trik belerja di KAP Deloitte.
Semoga kegiatan ini dapat membawa bekal ilmu dan pengalaman, untuk kemudian dibagikan kepada handai taulan yang senantiasa membutuhkan. Sambil bersama-sama memupuk masa depan yang penuh harapan melalui bekal pengetahuan yang kami dapatkan dari Company Visit 2018. (Kvn)

Hits 95