Konferensi Mahasiswa Nasional Ekonomi Bebas Korupsi IX 2018

Konferensi Mahasiswa Nasional Ekonomi Bebas Korupsi IX 2018 UGM, Yogyakarta







Konferensi Mahasiswa Naional merupakan pertemuan mahasiswa seluruh indonesia dalam rangka diskusi dan penyampaian gagasan-gagasan terkait upaya pemberantasan korupsi korporasi di sektor swasta. Tahun ini, KMN EBK IX mengusung tema “Menyelisik Jejak Korupsi Korporasi dalam Dampaknya di Lingkup Ekonomi Indonesia”. Konferensi Mahasiswa Nasional merupakan salah satu rangkaian acara EBK (Ekonomi Bebas Korupsi) IX yang terdiri dari kompetisi paper atau karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional, group discussion, dan field trip. EBK diselenggarakan oleh BEM FEB (Fakultas Ekonomika dan Bisnis) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dengan mempersembahkan talkshow EBK IX dengan tema “Mengungkap Tabir dan Menjerat Mafia Sektor Swasta”.


Agenda EBK terdiri dari kompetisi paper, group discussion, dan field trip. Seleksi awal kompetisi paper adalah pengumpulan abstrak paper, bagi 20 tim abstrak terbaik yang telah lolos pada tahap pengumpulan abstrak dapat mengikuti agenda presentasi paper dan group disscusion KMN EBK IX di UGM Yogyakarta pada tanggal 1 & 2 November 2018 dan pada tanggal 31 Oktober 2018 diselenggarakan Technical Meeting untuk acara KMN EBK IX yang diikuti oleh seluruh peserta lomba.


Agenda  Talkshow Anti-korupsi dilaksanakan pada tanggal 3 november 2018, Talkshow Anti-korupsi merupakan suatu diskusi bersama para pakar korupsi korporasi sektor swasta. Rangkaian talkshow terdiri dari sesi Ebk Talk, Sesi interaktif bersama pembicara, dan sesi tanya jawab. Pada akhir acara Talkshow diumumkan pemenang dari agenda EBK kompetisi paper dan group discussion sebagai juara 1,juara 2, juara 3, delegasi terbaik 1, dan delegasi terbaik 2.


Agenda Konser Anti-Korupsi atau Konser Ekonomi Bebas Korupsi merupakan penutup rangkaian acara Ekonomi Bebas Korupsi IX. Konser EBK diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnta kepada para pemangku kepentingan di sektor pendidikan, terhadap nilai-nilai anti korupsi melalui penampilan-penampilan kesenian. Adapun garis besar acara akan menampilkan musisi jogja dan musisi nasional yang dikemas dengan menyisipkan pesan-pesan anti korupsi. Koser EBK juga memfasilitasi hasil karya seni fotografi, lukisan, atau mural sebagai ajang menunjukan karya dan mengkampanyekan semangat anti korupsi yang diwujudkan dengan pameran dan dekorasi venue. Penampilan atau karya seni tersebut dibuat oleh siswa SMA, Mahasiswa, maupun Komunitas yang merupakan generasi muda terdekat sebagai penerus bangsa. Konser EBK akan dibuka oleh musisi lokal Yogyakarta dengan karya-karya inspiratif, seperti Sungai dan Ruban di Selatan. Malam puncak Konser EBK akan ditutup dengan penampilan Guest Star Nasional Naif dan HIVI!, yang akan juga menggelorakan semangat anti korupsi. Konser ini diselenggarakan pada hari sabtu 10 Novermber 2018 di Lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Hits 70