Gebyar Karya Tulis Ilmiah (GALAKSI) 2018

GALAKSI (Gebyar Karya Tulis Ilmiah) 2018 UNIT KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA (UKIM) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA





GALAKSI adalah kegiatan tahunan UKIM (Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa) Universitas Negeri Surabaya. GALAKSI sebagai sarana mengembangkan ide kreatif, inovatif, dan aplikatif dari anak bangsa serta melatih mahasiswa dalam mengkritisi dan menganalisa permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia dengan dasar pemikiran dan keilmuan yang rasional. Acara  GALAKSI terdiri dari LKTI untuk mahasiswa se-indonesia, Lomba Essai Nasional untuk siswa-siswa SMA/Sederajat se-indonesia, dan Talkshow Literasi Nasional.

Pada Tahun ini GALAKSI mempunyai tema besar kegiatan yaitu “Peran Literasi Sebagai Estafet Peradaban Bangsa”. Untuk tema LKTI adalah Peran Pemuda Dalam Pembangunan Nasional Melalui Literasi Menuju Indonesia Emas 2045, dan untuk tema Lomba Esai Nasional adalah Ragam Kreasi dan Inovasi Melalui Budaya Literasi dalam Mewujudkan Generasi Berdaya Saing Global. Dan untuk acara penutup yaitu Talkshow Literasi Nasional bertema “Peran Literasi Bagi Pemuda dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

Lomba Karya Tulis Ilmiah  Nasional diikuti oleh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di indonesia. Seleksi LKTI tahap pertama dengan mengirimkan Abstrak untuk diambil 30 karya terbaik, dan tahap kedua dengan mengirimkan Full Paper untuk diambil 15 karya terbaik sebagai finalis LKTI GALAKSI dan mengikuti tahap selanjutnya yaitu presentasi Paper di Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 27 Oktober 2018.

Presentasi Paper dilaksanakan di Fakultas Teknik Univeristas Negeri Surabaya pada tanggal 27 Oktober 2018 yang diikuti oleh 15 Finalis yang berasal dari UNESA, ITS, UB, UM, PPNS, PENS, UGM, UNAIR, UTM, dan UBM. Dari UNAIR mengirimkan 2 tim finalis yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR dan Fakultas Farmasi UNAIR. Delegasi dari FEB UNAIR adalah Arintis Wahyu Susanti (Akuntasi 2015), Retno Wulan Dari (Manajemen 2015), dan Zahro Ubaydilla (Ekonomi Islam 2017).

Pada akhir acara Talkshow Literasi Nasional diumumkan pemenang dari agenda GALAKSI kompetisi paper sebagai juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, juara harapan 3, The Best Paper, dan The Best Presentation. UNAIR berhasil mendapatkan juara 3 oleh tim delegasi dari Fakultas Farmasi.

Hits 83