DIPONEGORO FINANCIAL NATIONAL COMPETITION (DEFINE)

2018

    Diponegoro Financial National Competition (DEFINE) merupakan event tahunan yang diadakan oleh Economic Finance Study Club (ECOFINSC), Universitas Diponegoro. Agenda define tahun ini mengusung tema besar “Strategi Sektor Keuangan Indonesia dalam Mengadapi Distruptive Bussiness Environment”. Tema ini diangkat untuk menggali ide – ide memperkuat sektor keuangan di era disrupsi.

Terdapat beberapa rangkaian untuk menentukan juara dalam kompetisi ini. Tahap pertama yaitu  penulisan abstrak. Pada tahap ini peserta yang lolos berhak untuk lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap pengiriman full paper. Pada tahap seleksi abstak diambil 50 besar menuju full paper. Seleksi full paper akan menyisakan 10 tim sebagai finalis.

    Tim yang lolos dalam kesepuluh finalis DEFINE yaitu 4 tim dari Universitas Indonesia, 2 tim Universitas Gajah Mada, 1 tim Universitas Airlangga, 1 tim Universitas Diponegoro, 1 tim Institut Sosial Ilmu Manajemen Stiami Jakarta, dan 1 tim Universitas Kristen Satya Wacana. Wakil dari Universitas Airlangga adalah Retno Wulan Dari (Manajemen, 2015), Arintis Wahyu Susanti (Akuntansi, 2015)  dan Zahro Ubaydilla (Ekonomi Islam,2017). Kesepuluh finalis dari berbagai universitas diwajibkan membuat poster untuk dipublikasikan di Instagram DEFINE 2018. Publikasi poster ini ditujukan untuk memperkenalkan ide kesepuluh finalis. Finalis dengan like terbanyak akan mendapatkan penhargaan sebagai tim dengan kriteri best poster.

    Selanjutnya, ke sepuluh tim melalui babak final yang terdiri dari study case oleh Otoritas Jasa Keuangan Semarang, resentasi paper, dan debat. Study Case tersebut merupakan gamabran solusi atas masalah yang sebelumnya materinya telah dipaparkan oleh pihak OJK. Peserta diharusan membuat solusi dalam bentuk mind map. Kemudian mindmap dipresentasikan dihadapan dewan juri.

Presentasi paper adalah presentasi dari hasil karya tulis yang dibuat.Peserta diberikan waktu untuk mempresentasikan karya selama 8 menit kemudian akan ditanggapi oleh para juri dalam waktu 12 menit. Tahap terakhir dari kompetisi DEFINE adalah babak debat, debat dilakukan oleh seluruh finalis. Sebelumnya seluruh finalis diwajibkan untuk membuat esai debat untuk menyiapkan argument atas mosi yang telah diberikan panitia. Pada saat pelaksanaan berlangsung 10 finalis dibagi secara acak menjadi lima mosi, setiap mosi ada  tim pro dan tim kontra.

    Dari serangkaian tantangan yang dilewati oleh finalis dilakukan akumulasi penilaian. Hasil akhir dari kompetisi ini yaitu juara 1 diraih oleh Universitas Indonesia, juara 2 dan 3 diraih oleh Universitas Gajah Mada. Juara Harapan diraih Universitas Diponegoro dan Best speaker diraih Universitas Gajah Mada sedangkan Best Poster diraih oleh Institut Sosial Ilmu Manajemen Stiami Jakarta.

       

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA