Sharia Economics Club 2018

  • By Humas FEB
  • In Acses
  • Posted 01 November 2018

Sharia Economic Club-

Kelompok Belajar Ekonomi Islam yang Menyenangkan



Salah satu proker organisasi mahasiswa divis Science adalah Sharia Economics Club atau yang sering disebut dengan SEC. Proker tersebut bertujuan untuk menciptakan AcSESor yang berprestasi dan kompetitif di bidang akademik, terutama untu mempersiapkan mereka menjadi juara olimpiade ekonomi islam di tingkat regional, nasional, maupun internasional.  SEC merupakan kelompok belajar ekonomi ekonomi islam yang di dalam nya terdiri dari anggota AcSES yang merupakan mahasiswa dari jurusan akuntansi, ekonomi pembangunan, manajamen, dan juga ekonomi islam sendiri. Adanya program kerja ini, dapat menjadi sarana bagi mahasiswa ekonomi islam untuk mentransfer ilmunya agar menjadi ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Sharia Economics Club yang secara resmi atau formal dilaksanakan untuk persiapan Temu Ilmiah Regional tahun 2018 selama 12 kali (Rentan waktu 30 Desember 2017 sampai 31 Januari 2018). Pada tanggal 24-27 Februari 2018 dan dilanjutkan 11, 12, 14 April 2018 persiapan olimpiade GSENT 2018. Sedangkan SEC yang lain dilakukan secara tidak formal atau tim yang lomba melakukan latihan secara personal.

Meskipun SEC tidak dilaksanakan secara terstruktur, tetapi banyak sekali AcSESor yang membentuk kelompok belajar sendiri dan saling bertukar pikiran dan membahas soal-soal mengenai ekonomi islam. Mentor SEC berasal dari anggota AcSES sendiri yang memiliki ilmu sedikit lebih banyak daripada teman-teman yang lain. Namun, mereka sendiri juga dapat membahas soal sendiri dengan cara sharing and transfer knowledge.

Keberhasilan SEC pada tahun 2018 adalah adanya anggota AcSES yang berhasil meraih juara di beberapa perlombaan olimpiade ekonomi islam bergengsi di Indonesia yaitu SESO, SEVEN SHELTER, National Islamic Economic Olympiad UIN Walisongo Semarang

Berkaca dari SEC tahun 2018, maka diharapkan agar program kerja ini dapat berkembang dan lebih terkonsep dengan baik. Hal tersebut karena SEC merupakan sarana terpenting bagi AcSESor untuk memperkuat dan menambah pengetahuan tentang ekonomi islam secara teori.

Hits 14