FEB UNAIR Kirim delegasi di Event Internasional ILMUN 2019

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 01 Maret 2019

Mufid (EP-2017) Karel Geraldo Goethart (Manajemen-2018)

Mahasiswa FEB UNAIR mendapatkan kesempatan mengikuti International Leaders Model United Nations (ILMUN). Bertempat di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Thailand, acara itu dilaksanakan pada akhir Januari hingga awal Februari ini (20–02/02). Adalah Mufid mahasiswa Ekonomi Pembangunan 2017 dan Karel Geraldo Goethart Manajemen 2018, sebagai pesertanya. Mufid menyatakan bahwa acara tersebut bukan hanya diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR saja melainkan dari Fakultas Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ilmu Budaya.

Seleksi ILMUN ini ada dua tahap. Yakni, web registration, dengan dilanjutkan mengisi formulir pendaftaran. Kemudian jika lolos tahap kedua tersebut kemudian mendapatkan Letter of Acceptance (LoA)

“Disaat mengisi formulir online, bukan hanya dengan mengisi identitas pribadi akan tetapi memilih tiga council (dewan) dan tiga country dengan urutan prioritas sesuai dengan keinginan dilanjutkan membuat essai yang sesuai topik dengan council dan country sudah dipilih,” tutur Mufid.

Essai tersebut akan menjadi tolak ukur mengapa kita harus memilih council dan country tersebut. Termasuk wawasan yang dipunyai dan memaparkan apa yang telah dipilih pada pelaksanaan nanti.

Setelah mendapatkan LoA, delegasi akan dibagi menjadi beberapa council (dewan) dan country. Di ILMUN tersebut, ada beberapa jenis council seperti WHO, UNESCO, IMF, UNHRC, UN Security Council. Setelah itu para peserta diberikan isu tiap council, delegasi harus membuat position paper yang berisi tentang argumen mereka mengenai sebuah isu sesuai peran negara yang telah didapat.

Banyak kegiatan disana dengan inti acaranya yakni Zero Conference, Meeting Season, First Season, Second Season, dan Special Curtural Perform.

Karel mengungkapkan, bertemu dengan teman-teman dari berbagai negara adalah hal yang paling berkesan. Apalagi meski sesuai dengan namanya yang mencakup wilayah asia, ternyata ada delegasi dari Benua Afrika yaitu Libya, Benua Amerika itu Kanada, bahkan Benua Eropa seperti Kroasia.


Hits 562