FEB Unair Gelar Konferensi Internasional Bahas Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 01 Agustus 2019
ISEDEG FEB Unair news 1 Ags 2019 small
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) kembali menggelar konferensi internasional bertajuk International Conference on Sustainable Enviromental Development and Economical Growth (ISEDEG) pada Kamis (1/8/2019) di Gedung FEB Unair.
Konferensi yang dihadiri oleh para akademisi dari dalam dan luar negeri ini turut menghadirkan para ilmuwan berbagai disiplin ilmu dari Taiwan, Jerman dan Australia untuk berbagi pandangan terkait pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dengan tema utama “Enhancing Sustainable Environmental Development and Economical Growth”.
Nisful Laila, ketua pelaksana sekaligus Wakil Dekan FEB, menjelaskan bahwa hal yang membuat konferensi ini berbeda dari yang lain adalah tema lintas keilmuan meliputi ekonomi, energi dan lingkungan memungkinkan para akademisi berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan masyarakat dengan pendekatan multidisiplin yang solutif.
“Kami ingin para akademisi, masyarakat dan pengambil kebijakan publik bisa berkolaborasi dalam menemukan solusi terbaik di isu-isu pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” tegas Nisful saat diwawancara awak media di konferensi tersebut.
Dibuka dengan keynote speech dari Prof. Chun-Ping Chang dari Taiwan, konferensi ini menerima 125 makalah dari dalam dan luar negeri untuk dipresentasikan di berbagai topik meliputi ekonomi maritim, ekonomi energi terbarukan, konservasi lingkungan hingga topik seperti pengelolaan kualitas udara yang sedang hangat dibicarakan di media saat ini.
Selain itu, makalah-makalah terbaik di konferensi ini yang telah diseleksi sejak Juni lalu akan diajukan untuk dipublikasikan dalam proceedings jurnal terindeks Scopus. Menurut Nisful tema lintas keilmuan ini menghadirkan banyak makalah berkualitas dengan topik yang menarik seperti makalah dengan judul “TrashMart” atau transaksi pengelolaan sampah sebagai solusi inovatif untuk penanggulangan isu lingkungan di Surabaya.
Nisful meyakini bahwa konferensi ini mampu membawa dampak signifikan bagi Unair dan Indonesia. “Konferensi ini adalah usaha untuk makin memantapkan langkah Unair menuju World Class University sekaligus memberikan solusi terbaik untuk isu-isu pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia secara khusus dan dunia pada umumya,” pungkasnya.
Hits 158